Tanaman Beluntas, Manfaat dan Efek Sampingnya

Posted by

Manfaat Tumbuhan Beluntas Bagi Kesehatan

Tanaman Beluntas. Beluntas sudah lama dikenal dalam pengobatan tradisional karena kandungan kimiawi yang terdapat pada tanaman beluntas. Kandungan kimiawi yang bermanfaat bagi kesehatan kebanyakan terdapat pada daun beluntas. Daun beluntas dapat dimanfaatkan sebagai ramuan "spa" saat mandi dan juga bermanfaat sebagai aromaterapi. Daun beluntas mengandung alkaloid, tannin, natrium, minyak atsiri, kalsium, flafonoida, magnesium, dan fosfor. Sedangkan akarnya mengandung flafonoida dan tannin. Daun beluntas berbau khas aromatis dan rasanya getir dan menyegarkan, berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan, membantu melancarkan pencernaan, meluruhkan keringat, menghilangkan bau badan dan bau mulut, meredakan demam, nyeri tulang, sakit pinggang, dan keputihan; sedangkan akar beluntas berkhasiat sebagai peluruh keringat dan penyejuk.


Daun Beluntas dapat Dimakan. Daun beluntas juga dapat dikonsumsi sebagai lalaban atau dikukus. Kadar minyak atsiri daun beluntas 5% dapat menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus, sedangkan pada kadar 20% dapat menghambat pertumbuhan bakteri Escherechia coli. Beluntas merupakan salah satu herbal yang memiliki hubungan dekat dengan aster. Beluntas mengandung senyawa kimia yang bermanfaat bagi tubuh seperti senyawa fenol termasuk flavonoid, tannin, asam fenol, fenil propanoid dan kalkhon. Selain itu bluntas juga mengandung sesquiterpenoid, monoterpena, lignan glicosida and triterpenoid.

Ciri-ciri Tanaman Beluntas. Nama latin tanaman beluntas adalah Pluchea indica, biasanya hidup di dataran rendah, lahan basah, rawa payau pesisir, mangrove dan daerah pasang surut. Beluntas juga kadang-kadang ditemukan di kawasan pedalaman hutan tetapi spesies ini tidak menyukai daerah hutan padat yang teduh. Beluntas berbentuk tegak, banyak cabang, daun lonjong dan dapat tumbuh 1 sampai 2 meter. Beluntas berasal dari Asia mulai dari India ke arah timur ke Cina, Filipina, Indonesia dan Australia bagian utara, tetapi telah di naturalisasi di banyak pulau di Samudra Pasifik.

Manfaat Kesehatan Tanaman Beluntas
  • Bermanfaat Sebagai Antioksidan: Studi ekstrak akar menunjukkan aktivitas anti-inflamasi yang signifikan terhadap kaki edema diinduksi glukosa oksidase, penghambatan generasi radikal hidroksil dan superoksida, peroksidasi lipid yang diinduksi CCl4 dan aktivitas dioksigenase.
  • CNS depresan: Studi ekstrak akar menunjukkan tindakan depresan kuat terhadap sistem sarap pusat yang ditandai dengan dengan perubahan pola perilaku, penurunan motilitas spontan, perpanjangan tidur yang diinduksi pentobarbiton dan mengurangi perilaku agresif.
  • Manfaat lain: meningkatkan pengeluaran insulin pada pasien diabetes, membantu mengobati kanker, mengobati gigitan nyamuk dan ular, melindungi hati dari kerusakan dan lain sebaginya.
  • Sebagai Anti-inflamasi: akar beluntas menunjukkan aktivitas penghambatan yang signifikan terhadap carrageenin-, histamine-, serotonin-, hyaluronidase dan natrium yang disebabkan peradangan sendi.
  • Antimikroba: hasil penelitian menunjukkan beluntas ampuh terhadap E coli dan K pneumonia. Hasil penelitian lain juga menunjukkan kemungkinan menggunakan beluntas sebagai terapi alternatif dalam pengobatan infeksi saluran kemih.
  • Gastroprotektif: Fraksi metanol. ekstrak akar beluntas ditemukan memiliki aktivitas antiulcer pada model hewan percobaan yang berbeda. Hal ini menunjukkan tindakan protektif yang signifikan dalam asam asetilsalisilat, serotonin dan lesi lambung yang diinduksi indometasin pada tikus percobaan.
Bahaya dan Efek Samping Beluntas. Belum ada info tentang efek samping penggunaan dan pemanfaatan tanaman beluntas sebagai obat herbal. Beluntas relatif aman digunakan sebagai herbal asal tidak berlebihan karena jika berlebihan dikhawatirkan akan berakibat negatif bagi kesehatan tubuh kita.

Cara Membuat dan Memanfaatkan Beluntas Sebagai Obat Berbagai Jenis Penyakit

Ramuan Daun Beluntas Untuk Penurun Panas dan Demam
Caranya: Ambil daun beluntas sebanyak 10 lembar saja. Cuci daun hingga bersih. Seduh lah daun beluntas tersebut menggunakan segelas air panas. diamkan sejenak lalu pisahkan antara ampas daun dengan airnya. Minum airnya selagi masih panas sekali dalam sehari sampai panas mereda.

Obat Nyeri Haid dan Sakit Perut
Caranya: Ambil 8 lembar daun beluntas bersihkan lalu remas hingga hancur. Memarkan 2 ruas jari kunyit yang masih segar. Seduh kedua bahan tersebut menggunakan air panas kurang lebih 1 gelas. Tambahkan sedikit asam dan garam kemudian disaring. Minum lah 2 kali dalam satu hari sampai rasa nyeri atau sakit perut hilang.

Daun Beluntas Untuk Mengatasi Keputihan
Caranya: Siapkan daun beluntas muda secukupnya. Rebus gula aren dan asam jawa secukupnya dengan di beri 3 lembar daun sirih. Ambil daun beluntas yang masih muda sebanyak 1 genggam lalu ditumbuk,terus diperas, dan diambil airnya sebanyak 2 sendok teh manis. siapkan air dari perasan kunir yang telah diparut sebelumnya sebanyak 1 sendok teh manis. Campur semua bahan aduk sampai rata lalu minum di pagi hari satu kali sehari.

Untuk MalariaCaranya: Ambil daun beluntas sebanyak 15 lembar, daun sirih sebanyak 3 lembar, daun sembung sebanyak 5 lembar, dan daun asam muda sebanyak 1 genggam. Rebus sampai mendidih semua bahan tersebut dengan ditambahkan air sebanyak 1 liter hingga tersisa setengahnya. Minum air rebusan ramuan daun beluntas tersebut 3 kali dalam sehari.

Daun Beluntas Untuk Menghilangkan Bau Badan dan Pengharum Nafas
Caranya sangat mudah yaitu makan mentah mentah secara rutin daun beluntas yang telah di haluskan.

Meringankan Asma Dan Gangguan Paru-Paru
Cara pemakaian adalah dengan merebus daun beluntas secukupnya kemudian meminum air dari hasil rebusan daun beluntas secara rutin sampai sembuh.

Daun Beluntas Bermanfaat Menguatkan Saraf Cara pemakaiannya adalah dengan pemakaian luar yaitu sebagai aromaterapi dan berendam. Ambil daun beluntas secukupnya dan gunakan daun beluntas sebagai aromaterapi dan stimulan saat mandi atau berendam menggunakan air hangat.

Daun Beluntas Untuk Menurunkan Tekanan Darah / HipertensiCaranya dengan merebus daun beluntas secukupnya dengan air secukupnya pula hingga mendidih, minum tiga kali sehari sebanyak satu gelas.

Batang dan Daun Beluntas Untuk Meringankan Sakit TBC
Caranya : Ambil batang dan daun beluntas yang sudah dicuci bersih, tambahkan rumput laut. Masak dengan cara tim sampai lunak, jadikan hidangan untuk dimakan.

Semua informasi tentang herbal pada web ini hanya bersifat sebatas informasi. Penggunaan obat herbal sepenuhnya adalah tanggung jawab pemakai karena efek obat herbal bisa berbeda-beda pada masing-masing individu. Sebaiknya konsultasikan dengan ahlinya sebelum menggunakan resep obat herbal yang ada pada situs ini. Semoga bermanfaat 

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 20:13:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.