Tanaman Buah Makasar, Manfaat dan Efek Sampingnya

Posted by

Kandungan Kimiawi dan Manfaat Kesehatan Buah Makasar

Buah Makassar. Buah ini dikenal memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu penderita diabetes. Buah makassar dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes melitus. Akarnya digunakan untuk pengobatan malaria, keracunan makanan, dan demam. Daunnya digunakan untuk mengatasi sakit pinggang. Buah makasar atau Brucea javanica (L) Merr pertama kali disebutkan dalam risalah medis Cina bernama Compendium of Materia Medica yang diterbitkan pada abad pertama masehi. Buah makassar bersifat bulat, keras, berukuran 6-10 mm perkiraan dan diameter 4-7 mm. Buah Makasar sangat umum tumbuh di tempat terbuka seperti hutan sekunder ringan dan semak, pinggir hutan dan bahkan di tempat panas di tanah berpasir dan tanah kapur. Juga tumbuh di tempat yang beriklim muson dan lembab, dari permukaan laut hingga 900 m dpl.

Ciri-ciri Buah Makasar. Buah makassar biasanya berwarna hitam atau coklat saat matang. Umumnya, buah dipanen pada musim gugur dan kemudian dikeringkan. Senyawa utama yang terdapat dalam buah makassar adalah quassinoid yang pertama kali ditemukan pada buah ini sekitar tahun 1967. Selain itu, buah makassar juga mengandung quassinoids tetracyclic triterpen, antrakuinon, olein, asam oleat, asam linoleat, glukosida pregnane, brukesoid, brutasol dan sesquiterpenes.

Secara khusus, quassinoids triterpen tetracyclic merupakan bahan aktif utama Brucea javanica dengan aktivitas anti-tumor yang luar biasa. Ekstrak buah makassar telah menunjukkan efek antitumor kuat dalam sel S180, dengan 24,6% penghambatan proliferasi sel pada dosis tinggi, sedangkan dosis menengah dan rendah dapat memperpanjang umur sekitar 20% di pada percobaan tikus.

Asam oleat, asam linoleat, dan quassinoid triterpen tetrasiklik memiliki aktivitas antitumor, terutama di paru-paru, hati, ovarium, dan kanker serviks. Buah makassar menghambat proliferasi sel dengan mengatur morfologi sel dan siklus sel, mengendalikan ekspresi gen apoptosis, dan mengubah proses immunitas. Tanaman buah makasar memiliki sifat berasa pahit, dingin beracun, membersihkan panas dan toksik, antidisentri, antimalaria, mematikan parasit.

Kandungan asam oleat juga bruceine A dan B bersifat antikanker (antineoplastik) yaitu menghambat sintesa DNA sel kanker. Di samping itu, merangsang pembentukan sel darah merah pada sumsum tulang dan meningkatkan phagocyte dan makrofag. Bagian yang digunakan pada tanaman buah makasar adalah buah. Setelah buah dikumpulkan, bagian yang keras dibuang untuk diambil isinya . Selain buah, daun, dan akar juga berkhasiat sebagai obat.

Cara Umum Pemakaian Buah Makasar Sebagai Obat Tradisional. Buah makassar dapat dikonsumsi dengan cara menggiling 10-15 buah makassar kemudian diminum. Sedangkan akarnya dapat digodong dengan cara memasukan akar yang dibersihakn sebanyak 15-20 gr kedalam 3 gelas air, lalu digodog hingga tersisa 1 gelas, kemudian minum.

Beberapa Khasiat Buah Makasar
  • Anti-inflamasi: buah makassar telah digunakan untuk mengobati disentri amoeba. Penelitian terbaru telah mengkonfirmasi bahwa buah makassar juga efektif untuk malaria dan penyakit lainnya dengan etiologi parasit. Khasiat anti-inflamasi juga diamati pada model tikus yang mengalami peradangan paru-paru yang disebabkan oleh sporozoit dan Pneumocystis carinii pneumonia. Buah makassar juga telah digunakan untuk mencegah peradangan rektum akut dan peradangan mukosa orofaringeal yang disebabkan oleh radiasi. Namun, mekanisme khusus untuk ini tidak jelas, sehingga penyelidikan lebih lanjut yang komprehensif sangat dibutuhkan.
  • Antivirus: Brucea javanica telah digunakan secara luas untuk mengobati berbagai virus kutil. Hal ini telah menunjukkan kemampuan korosif yang signifikan dalam berbagai jenis kutil, termasuk kutil kelamin, kutil datar, dan kutil jagung. Kutil datar adalah kelainan kulit yang disebabkan oleh human papillomavirus. Tanaman obat ini juga dapat digunakan untuk mengobati kondiloma vulva, dengan banyak keuntungan, termasuk onset tindakan yang cepat, kenyamanan, rendah toksisitas, dan iritasi kulit mukosa minimal.
  • Manfaat lain: demam, penyakit usus, batuk, rematik, kudis, bisul, penawar racun lipan, hemostatik, disentri dan kejang perut.
Cara Membuat dan Menggunakan Ramuan Buah Makasar Untuk Pengobatan

Ramuan Buah Makasar Untuk Ambeien
Caranya: Siapkan buah makassar sebanyak 7 buah digiling sampai halus. Lalu dimasukkan ke dalam kapsul dan diminum sekaligus.

Mengatasi Gangguan Keputihan
Caranya: Ambil  buah makassar sebanyak 20 buah dimasukkan ke dalam periuk tanah atau panci enamel. Ditambahkan 400 cc air bersih, lalu direbus sampai tersisa 100 cc. Setelah dingin ramuan ini dapat digunakan untuk mencuci liang reproduksi wanita. Caranya dengan menyemprotkan air rebusan tadi menggunakan penyemprot (sprayer). Ramuan yang dipakai untuk setiap kali pemakaian sebanyak 20-40 cc. Jika keputihannya ringan, penyemprotan cukup dilakukan sekali saja. Namun jika keputihanya berat, perlu diulang selama 2-3 hari.

Mengobati Kutil dan Mata Ikan
Cara pemakaian: Ambil daun buah makassar yang digiling halus dapat digunakan untuk mengompres bagian tubuh yang bengkak, akibat terbentur atau terpukul (memar) benda keras. Selain dapat mengobati penyakit, ramuan ini dapat digunakan untuk mengusir belalang. Hati-hati jangan sampai terkena kulit yang normal

Mengatasi Penyakit Malaria
Caranya: Ambil 10 buah, diambil isinya, lalu digiling sampai halus. Kemudian dimasukkan ke dalam kapsul dan diminum sekaligus. Ini dilakukan 3 kali sehari selama 3 hari. Dosis dikurangi setengahnya dan diminum dalam 5 hari. Bisa juga dengan cara ambil 15-20 gr akar buah makassar yang telah dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Direbus dalam tiga gelas air bersih sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin, disaring dan diminum air saringannya. Ini dilakukan sehari dua kali, masing-masing setengah gelas.

Untuk Obat Disentri karena Amuba
Caranya: Ambil Buah Makassar sebanyak 10-15 digiling halus, lalu dimasukkan ke dalam kapsul. Ramuan ini diminum sekaligus setelah makan, 3 kali sehari selama 7-10 hari.

Pengobatan Disentri, Air kemih, Tinja berdarah karena panas/demam
Cara Penggunaannya adalah: Siapkan Buah makassar sebanyak 25- 50 buah digiling sampai halus, lalu dimasukkan ke dalam kapsul. Ramuan ini diminum sekaligus dengan larutan air gula batu.

Bahaya dan Efek Samping Penggunaan Buah Makasar. Belum ada informasi yang menunjukkan adanya bahaya dan efek samping menggunakan buah makasar sebagai obat herbal. Penggunaan yang berlebihan mungkin saja akan mengakibatkan timbulnya efek samping yang tidak diharapkan, jadi gunakan selalu obat herbal sesuai aturan dan dosis yang dianjurkan. Jika perlu hubungi ahli medis atau ahli herbal yang terpercaya sebelum memutuskan untuk mengonsumsi obat herbal.

Semua informasi tentang herbal pada web ini hanya bersifat sebatas informasi. Penggunaan obat herbal sepenuhnya adalah tanggung jawab pemakai karena efek obat herbal bisa berbeda-beda pada masing-masing individu. Sebaiknya konsultasikan dengan ahlinya sebelum menggunakan resep obat herbal yang ada pada situs ini. Semoga bermanfaat

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 21:03:00

1 komentar:

Bali Rent House said...

Bagi teman yg perlu buah makasar yg dr pohon bisa hub saya 081236513268

Powered by Blogger.