Tanaman Dandang Gendis, Manfaat dan Cara Pemakaiannya

Posted by

Kandungan Zat Aktif Tanaman Dandang Gendis (Clinacanthus nutans Lindau) dan Manfaatnya Bagi Kesehatan


Tanaman Dandang Gendis.
Nama dandang gendis dalam masyarakat Jawa adalah nama yang menunjukkan sesuatu yang manis. Tetapi untuk tanaman dandang gendis hal ini tidak berarti tanaman ini rasanya manis, hanya saja ternyata manfaat tanaman ini bisa untuk pengobatan penyakit gula atau diabetes. Tanaman dandang gendis bisa dimanfaatkan sebagai tanaman pagar dan memiliki syarat tumbuh baik dengan sinar matahari yang cukup

Tanaman Dandang Gendis dikenal memiliki banyak nama dan memiliki sebutan yang berbeda-beda pada masing-masing daerah. Nama dandang gendis sendiri adalah sebutan untuk tanaman ini di daerah Jawa sedangkan didaerah-daerah lain sebutan untuk dandang gendis antara lain Ki tajam (sunda), nama asing Clinacanthi nutans Folium, sinonimnya Clinacanthus burmani Nees. Tanaman dandang gendis dalam klasifikasi ilmiah termasuk dalam Familia Achantaceae. Kandungan Kimia Tanaman Dandang Gendis Adalah Alkaloid, Saponin, dan Minyak Atsiri.

Ciri-ciri dan Deskripsi Tanaman Dandang Gendis. Merupakan tanaman perdu tahunan, tinggi lebih kurang 2,5 meter. Batang berkayu, tegak, beruas dan berwarna hijau. Daun tunggal, berhadapan, bentuk lanset, panjang 8-12 mm, lebar 4-6 mm, bertulang menyirip, berwarna hijau. Bunga majemuk, bentuk malai, di ketiak daun dan di ujung batang, mahkota bunga berbentuk tabung, panjang 2-3 cm berwarna merah muda. Buah kotak, bulat memanjang berwarna cokelat. Bagian yang Digunakan Daun.

Manfaat Tanaman Dandang Gendis
  • Mengobati Diabetes
  • Melancarkan Kencing
  • Mengatasi Penyakit Disentri

Bahaya dan Efek Samping Dandang Gendis
Belum ada info atau laporan mengenai efek samping pemakaian tanaman dandang gendis untuk obat tradisional. Selama tidak berlebihan maka pemakaian herbal dandang gendis relatif aman bagi kesehatan. Ikuti dosis dan aturan pakai saat menggunakan obat herbal. Bagi ibu hamil tidak dianjurkan menggunakan ramuan daun dandang gendhis karena belum diketahui efek abortivumnya.

Cara Membuat dan Menggunakan Ramuan Dandang Gendis Sebagai Obat Tradisional

Ramuan untuk Mengobati Kencing Manis
Caranya: Ambil Daun Dandang Gendis segar 7 gram dan Air 110 ml. Dibuat infus atau seduhan dan diminum 1 kali sehari 100 ml. atau bisa juga dengan cara: Siapkan dan cuci bersih 7 lembar (untuk sakit ringan) atau 21 lembar (untuk sakit berat) daun dandang gendis. Cuci bersih dan rebus dengan 2 gelas air. Tunggu hingga air menjadi 1 gelas. Setelah dingin disaring. Minum 2 kali sehari selama 14 hari. Untuk pemeliharaan kesehatan penderita diabetes pemakaian rebusan ini sebaiknya dilakukan tiga kali seminggu.


Resep Ramuan untuk Obat Disentri
Caranya : Ambil dan cuci 1 genggam daun dandang gendis. Cuci sampai bersih lalu direbus dengan 5 gelas air. Tunggu hingga tersisa 3 gelas air. Setelah dingin disaring dan diminum 3 kali sehari.

Resep Ramuan untuk Mengatasi Susah Buang Air Kecil
Caranya: Siapkan kurang lebih 15 gram daun dandang gendis. Cuci bersih dan rebus dengan 1 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin disarin dan diminum sampai habis.

Semua artikel Herbal di web ini hanya bersifat informasi dan tidak untuk menggantikan pendapat ahli, dokter, atau profesional. Konsultasikan pada ahlinya sebelum anda menggunakan resep herbal di web ini. Semua penggunaan resep herbal di situs ini adalah sepenuhnya tanggung jawab pemakai.

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 19:26:00

0 komentar:

Powered by Blogger.