Tanaman Kembang Kertas, Manfaat dan Cara Pemakaiannya

Posted by

Manfaat Tanaman Kembang Kertas Sebagai Obat Disentri, Kencing Nanah dan Bisul Serta Sakit Pada Puting Susu

Tanaman KEMBANG KERTAS (Zinnia elegans Jacq.). Kembang kertas disini bukanlah sebutan untuk tanaman kembang kertas bougenvile. Meskipun sama-sama disebut dengan nama kembang kertas tetapi  kedua tanaman ini berbeda, bisa dilihat dari nama latinnya. Ini penting agar tidak terjadi kesalahan pemakaian resep ramuan herbal kembang kertas. Tanaman kembang kertas dalam silsilah klasifikasi tanaman masuk dalam Familia Asteraceae. Pada seluruh bagian tumbuhan ini bisa dimanfaatkan sebagai ramuan obat tradisional untuk pengobatan berbagai jenis penyakit. Untuk pembahasan manfaat kembang kertas bougenvile akan diulas dibagian lain.


Ciri-ciri dan Deskripsi Tanaman Kembang Kertas. Tumbuhan Kembang kertas pada awalnya merupakan tanaman asli Meksiko, dan dapat ditemukan sampai ketinggian 1.400 m dpl. Tanaman ini menyukai tempat-tempat terbuka yang terkena cahaya matahari, biasa ditanam secara bergerombol di taman-taman atau di pekarangan sebagai tanaman hias atau bunganya digunakan sebagai bunga potong.

Terna menahun yang tumbuh tegak dan berambut kasar ini tingginya sekitar 30-50 cm, daunnya berwarna hijau, letaknya berhadapan. Helaian daun bentuknya memanjang, ujung runcing, pangkal memeluk batang, tepi rata, tulang daun melengkung. Bentuk bunganya seperti bunga Aster, dengan warna yang beraneka ragam seperti merah tua, merah muda, kuning atau biru keunguan yang keluar dari ujung batang. Perbanyakan dengan biji. Nama lain dari tanaman Kembang Kertas disebut juga sebagai Kembang ratna, sedangkan diluar negeri disebut dengan nama Bai fi ju (China). Dalam pengobatan tradisional china, tanaman ini dianggap memiliki sifat tawar dan sejuk.

Manfaat Kembang Kertas Bagi Kesehatan
  • Mengatasi dan mengobati Disentri.
  • Mengobati Penyakit Kencing nanah
  • Mengobati Bisul (furunculosis)
  • Meringankan Sakit pada puting susu (papilla mammae)
Cara Membuat dan Menggunakan Kembang Kertas Sebagai Obat

Untuk Obat Dalam (Diminum)
Caranya: Siapkan 20 – 30 gram herbal kembang kertas, selanjutnya dicuci bersih dan direbus. Minum air rebusan.

Untuk Pemakaian Luar:
Caranya: Ambil tanaman kembang kertas secukupnya, kemudian digiling sampai halus. Ekstrak hasil gilingan  bisa dibubuhkan kebagian yang sakit sebagai obat herbal.

Bahaya dan Efek Samping Kembang Kertas
Belum ada info maupun laporan mengenai efek negatif pemakaian tanaman kembang kertas sebagai obat herbal. Hanya saja perlu diperhatikan dosis pemakaian jangan berlebihan, secukupnya saja.

Semua artikel Herbal di web ini hanya bersifat informasi dan tidak untuk menggantikan pendapat ahli, dokter, atau profesional. Konsultasikan pada ahlinya sebelum anda menggunakan resep herbal di web ini. Semua penggunaan resep herbal di situs ini adalah sepenuhnya tanggung jawab pemakai.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 19:42:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.