Toko Pertanian MARDIKA TANI. Jl. Raya Sragen-Solo KM 7, Sragen Jawa Tengah. "Sedia AOS AMINO Ternak Untuk Sapi Cepat Gemuk dan Sehat" Kontak: Hp. 0822 2656 7891 / 0822 2122 5555

Tips Cara Agar Sapi Makan dengan Lahap dan Cepat Gemuk

Posted by

Sapi adalah Hewan Sosial

Sapi adalah ternak yang sudah sangat lama berinteraksi dengan manusia. Sapi juga telah banyak sekali membantu dan meringankan tugas-tugas dan pekerjaan manusia. Sapi sudah lama digunakan untuk membajak sawah, menarik gerobak bahkan untuk menarik mesin penggiling pada pabrik tahu dan tentu saja sapi adalah penyedia makanan bergizi tinggi yang berupa daging.

Gambaran diatas menunjukkan bahwa sapi adalah mahluk sosial yang bisa dilatih dan diajar untuk menurut pada pemiliknya. Saat membajak sawah sapi akan menuruti perintah-perintah yang dikeluarkan melalui suara orang yang membajak dan juga melalui kekang yang dikalungkan pada leher sapi. Demikian juga saat menarik penggilingan mereka akan patuh saat diperintah berhenti dan juga saat diperintah untuk jalan menggerakkan penggilingan.

Sifat sapi tersebut dapat dimanfaatkan juga pada saat kita memberikan pakan pada sapi agar sapi makan dengan lahap dan tidak terlalu banyak pakan tersisa.



Cara Memberikan Pakan
Salah satu tips cara memberi pakan sapi adalah dengan mengatur jam pakan yaitu dengan memberikan pakan sapi pada jam-jam tertentu saja dan tidak diubah-ubah. Sebagai contoh saat pakan pagi adalah jam 07.00 wib dan makan Sore jam 14.00 wib. Maka saat memberikan pakan usahakan selalu tepat pada jam-jam tersebut, hal ini akan merangsang sapi untuk terbiasa makan pada jam tersebut dan pakan yang diberikan bisa benar-benar dikonsumsi sapi dan sapi akan makan dengan lahap. Jika ada sisa pakan sebelum saat pemberian pakan berikutnya, sebaiknya sisa pakan tersebut diambil sehingga sapi tidak akan makan lagi sebelum jam makan berikutnya. Hal ini dimaksudkan saat pemberian pakan berikutnya sapi sudah dalam keadaan benar-benar lapar sehingga akan makan dengan lahap dan pakan sapi tidak banyak tersisa.

Pemberian Suplemen Pakan Sapi
Bagaimana agar sapi cepat gemuk dan sehat? Karena kadang sapi sudah lahap makan tetapi kondisi tubuhnya tetap kurang gemuk. Hal ini bisa disebabkan karena mungkin pakan sapi yang diberikan masih kurang memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi harian sapi. Atau mungkin juga karena penyerapan pakannya saat proses metabolisme tubuh kurang sempurna. Jika ini yang terjadi makan sebaiknya anda memberikan suplemen untuk sapi anda.

Apa Ciri Suplemen Yang Baik Untuk Sapi?
Beberapa ciri suplemen yang baik untuk sapi adalah jika bisa memenuhi syarat-syarat seperti dibawah ini:
  • Menambah kandungan asam - asam lemak didalam rumen / lambung ternak.
  • Meningkatkan efisiensi dan efektifitas pakan (TDN).
  • Mengandung hormon pertumbuhan alami untuk mempercepat pertumbuhan ternak.
  • Meningkatkan nafsu makan.
  • Mengurangi kandungan kolesterol daging dan mengurangi bau kotoran
  • Produk alami aman untuk ternak dan lingkungan
  • Meningkatkan kuantitas (peningkatan Average Daily Gain /ADG bagi sapi dan peningkatan bobot panen bagi ayam) - kualitas daging (mengurangi kandungan kolesterol) - kesehatan ternak (mempertinggi daya tahan tubuh terhadap penyakit).
  • Memacu enzim - enzim pencernaan ternak.
  • Memberikan mineral - mineral esensial maupun non esensial.
  • Memberikan berbagai macam nutrisi alami untuk pertumbuhan ternak ( protein, lemak, vitamin, dsb.).
Salah satu jenis suplemen pakan sapi yang dianjurkan dan memenuhi kriteria diatas adalah AOS Amino Ternak. Jika anda berminat dengan produk AOS Amino Ternak silahkan hubungi dan pesan saja di:

TP Mardika Tani
Jl. Raya Sragen -Solo KM 7
SRAGEN JAWA TENGAH

Hp. 0822 2656 7891
Hp. 0822 2122 5555

Email: mardikatani1@gmail.com


Silahkan sebarkan dan bagikan informasi ini jika bermanfaat. Terima kasih

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 20:11:00

0 komentar:

Powered by Blogger.