Tips Cara Merubah Warna Kembang Bokor

Posted by

Indahnya Warna Kembang Bokor Ternyata Bisa Diubah-ubah Sesuai Selera, Mau Tahu Caranya?

Kembang Bokor. Tanaman Kembang Bokor memiliki warna-warni yang indah dan sangat menyegarkan mata sebagai tanaman hias. Ternyata warna-warna kembang bokor tidaklah asli bawaan tanaman langsung tetapi terjadi karena adanya pengaruh unsur-unsur hara dalam tanah. Warna bunga Kembang bokor dipengaruhi oleh unsur aluminium pada tanah tempat tumbuhnya, dan ketersediaan unsur aluminium tergantung dari kadar keasaman tanahnya.

Pada tanah asam—dengan pH kurang dari 5,5—aluminium mudah diserap oleh tanaman dan Kembang bokor yang ditanam pada tanah jenis ini akan menghasilkan bunga berwarna biru. Sedangkan pada tanah netral dengan pH 5,5 – 6,5 unsur aluminium agak sulit diserap oleh tanaman, karena sebagian sudah membentuk ikatan dengan senyawa kapur di dalam tanah dan si kembang bokor yang ditanam pada tanah jenis itu akan menghasilkan bunga berwarna lembayung muda (keunguan). Dan pada tanah basa dengan pH 7 atau lebih, unsur aluminium akan diikat erat oleh kapur, sehingga tidak bisa diserap oleh si kembang bokor dan akan menghasilkan bunga berwarna merah muda.


Bunga berwarna putih pada sebagian besar spesies, tapi beberapa spesies terutama H. macrophylla mempunyai bunga yang bisa berwarna biru, merah, merah jambu, atau ungu bergantung pada tingkat pH tanah. Sewaktu masih kuncup, bunga berwarna hijau, berubah menjadi putih, sewaktu mekar berwarna biru muda atau merah jambu yang secara bertahap berubah menjadi warna-warna yang lebih tua tua (biru tua atau merah) sebelum bunga rontok. Tanah yang bersifat asam menghasilkan bunga berwarna biru, tanah dengan pH normal menghasilkan bunga berwarna putih krem, dan tanah yang bersifat basa menghasilkan bunga berwarna merah jambu atau ungu. Hortensia merupakan salah satu dari tanaman yang pada daun bunga mengumpulkan unsur aluminium yang dilepaskan tanah yang bersifat asam sehingga bunga menjadi berwarna biru.

Cara Merubah Warna Bunga si Kembang Bokor
Jadi cara merubah warna kembang bokor adalah dengan mengatur pH tanah tempat tanaman kembang bokor ditanam. Kembang bokor berbunga biru dan ingin ‘menyulap’ warna bunga nya menjadi merah muda, yaitu dengan menaikkan pH tanah dengan menambahkan kapur pertanian / dolomit dengan dosis 0,5 – 1 kg dolomit/meter persegi tanah. Atau bisa juga dengan menyiramkan larutan kapur tembok yang dicampur atau dilarutkan dalam air, dengan konsentrasi 50 gram kapur per liter air/meter persegi tanah.

Jenis-jenis Spesies Kembang Bokor
Hydrangea anomala, hortensia jenis merambat (Himalaya, Tiongkok barat daya)
Hydrangea arborescens, Hydrangea liar (bagian Timur Amerika Utara)
Hydrangea aspera (Tiongkok, Himalaya)
Hydrangea bretschneideri (Tiongkok)
Hydrangea candida (Tiongkok)
Hydrangea caudatifolia (Tiongkok)
Hydrangea chinensis (Tiongkok)
Hydrangea chungii (Tiongkok)
Hydrangea cinerea, Ashy Hydrangea (bagian Timur Amerika Serikat)
Hydrangea coacta (Tiongkok)
Hydrangea coenobialis, (Tiongkok)
Hydrangea davidii (Tiongkok)
Hydrangea dumicola (Tiongkok)
Hydrangea gracilis (Tiongkok)
Hydrangea heteromalla (Himalaya, Tiongkok barat dan utara)
Hydrangea hirta (Jepang)
Hydrangea hypoglauca (Tiongkok)
Hydrangea integrifolia (Tiongkok)
Hydrangea involucrata (Jepang, Taiwan)
Hydrangea kawakamii (Taiwan)

Referensi:
wikipedia dan sumber lain

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 22:50:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.