Bagaimana Cara Membedakan Kelinci Jantan dan Betina?

Posted by

Cara Mudah Memilih Kelinci Jantan dan Betina

Tidak seperti pada ternak sapi, kambing dan domba yang cara membedakan jenis kelamin antara jantan dan betina demikian mudah karena terlihat langsung secara visual, pada kelinci perlu cara khusus untuk mengetahui kelamin seekor kelinci jantan atau betina.

Bagaimana cara mudah untuk bisa membedakan kelinci jantan dan betina? Caranya adalah anda harus melihat secara langsung bentuk kelamin dari kelinci yang akan anda tentukan jenis kelaminnya. Caranya dengan membalikkan kelinci dan melihat pada bagian bawah di dekat / kearah pantat dimana lokasi organ kelamin kelinci berada. Tekanlah lokasi sekitar organ kelamin kelinci dan amati bagaimana bentuk organ kelaminnya. Agar lebih jelas silahkan perhatikan gambar dibawah ini:

Kelinci atau anak kelinci berjenis kelamin jantan akan memiliki tonjolan panjang dan bulat dengan lekuk bulat di bagian tengahnya. Sedangkan pada snak kelinci betina tonjolannya lebih pendek dan ditengahnya terdapat celah (vulva) memenjang. Pada kelinci yang berumur 2 bulan atau lebih, bentuk perbedaan alat kelamin ini tampak dengan jelas. Organ seksual jantan (penis) tampak di sebelah anus berbentuk silinder panjang. 
Pada kelinci yang sudah dewasa selain pelir juga dapat dilihat testis (kantong pelir) berwarna merah muda yang terletak di samping penis. Organ seksual kelinci betina (vagina) tampak berbentuk celah yang memiliki pembuluh darah yang telihat bergaris pada bagian dalam celah.


Demikian petunjuk praktis dan cara mudah membedakan jenis kelamin kelinci jantan dan betina agar kita tidak tertipu oleh pedagang saat membeli kelinci. Semoga bermanfaat.


loading...
Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 18:48:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.