Bunga Pukul Empat, Manfaat dan Kandungan Zat Aktifnya

Posted by

Tanaman Kembang Pukul 4 

Tanaman Hias Bungan Pukul Empat. Jika anda ingin menanam tanaman hias yang sangat mudah tumbuh dan sangat mudah diperbanyak, tanamlah tanaman bungan pukul empat. Apakah bunga pukul empat ini asli dari negara kita? Ternyata bukan, tanaman yang jika sudah tumbuh bisa seperti semak belukar jika tidak ditata akibat percepatan tumbuhnya yang tinggi ini berasal dari Amerika Selatan. Tanaman hias ini bisa ditanam dengan bergerombol dengan warna bunga yang berbeda karena bunga pukul empat mempunyai banyak warna seperti merah, kuning, juga putih. Ada juga yang bunganya putih bergaris merah dan lain-lain.

Tinggi tanaman bunga pukul empat hanya 80 cm maksimal memiliki buah yang berwarna hijau saat masih muda dan berubah menjadi hitam dan keras jika sudah tua, buah inilah yang sangat mudah ditanam sebagai benih bunga pukul empat yang sangat mudah tumbuh. Tanaman kembang pukul 4 ini juga mempunyai umbi berwarna coklat kehitaman dengan isi berwarna putih dan berbentuk bulat memanjang dengan ukuran 7-9 cm berdiameter 2-5 cm. Sedangkan daunnya berbentuk jantung yang berwarna hijau dengan panjang mencapai 2-11 cm dengan lebar 8 mm-7 cm. Pangkal daun membulat di mana ujungnya meruncing serta bertepi rata. 

Ternyata tanaman bunga pukul 4 ini memiliki manfaat sebagai obat herbal karena kandungan bahan kimia yang terkandung pada buah kembang pukul empat seperti zat tepung lemak ( 4,3% ), zat asam lemak ( 24,4% ), dan zat asam minyak ( 46,9% ). Sedangkan pada akar terkandung β-xanthins. Bagian yang digunakan untuk pengobatan adalah daun, biji dan juga akarnya.

Tanaman kembang pukul 4 bisa dimanfaatkan untuk mengatasi keputihan, caranya ambil dan rebus bunga pukul empat dengan kulit delima kering atau lidah buaya, kemudian air rebusan diminum.

Beberapa Manfaat Kembang Pukul Empat :
Zat betaxanthis, zat asam lemak serta zat asam minyak pada tanaman ini dapat digunakan sebagai obat pelancar sirkulasi darahdan peluruh air seni (diuretik). Bunga pukul 4 juga bisa digunakan untuk meredakan radang amandel, radang tenggorokan, batuk berdarah, kanker, batu ginjal, batu empedu, dan kencing manis.


Cara Membuat Ramuan Obat Dengan Bunga Pukul Empat

Ramuan untuk mengobati Infeksi saluran kencing/prostatitis, radang amandel, kencing manis (diabetes melitus), kencing berlemak, keputihan (leucorrhea), erosi mulut rahim (cervical erosion), dan radang sendi akut (acute arthritis)
Caranya : Ambil dan rebus 9—15 g kering atau 15—30 g segar akar kembang pukul empat dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Saring air rebusan dan minum dua kali sehari masing-masing 1 gelas.

Ramuan Untuk Obat Bisul
Caranya: Ambil dan cuci bersih 10 lembar daun kembang pukul empat, lumatkan, lalu tambahkan air garam secukupnya. Tempelkan hasil lumatan pada bisul dan daerah sekelilingnya, lalu balut dengan kain atau perban.

Pada bisulnya dioleskan sedikit minyak kemiri. Daun kembang pukul empat dilayukan di atas api, kemudian dioleskan sedikit minyak kelapa, tengahnya dilubang dan letakkan di atas bisul.

Akar segar dibuang kuhtnya, kemudian dilumatkan dan ditambah gula enau. Tempelkan pada bisulnya, sehari diganti 2 x (dua kali).

Ramuan Untuk Obat jerawat
buahnya mengandung zat tepung, dibuat tepung bedak. Tepung bedak ini ditambah air, kemudian dioleskan.

Catatan Penting: Wanita hamil dilarang pakai. Untuk merebus, tidak boleh memakai bahan dari besi (panci, sendok, dan lainnya).

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 20:01:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.