Cara Mengawinkan Kelinci Yang Tepat

Posted by

Kapan Waktu Yang Tepat Mengawinkan Kelinci?

Kelinci yang sudah siap kawin jika di alam bebas biasanya akan mengawini betinanya tanpa kesulitan. Berbeda dengan kelinci yang dikandangkan. Untuk kelinci yang dikandangkan perlu cara khusus meskipun sederhana agar perkawinan kelinci bisa lancar.

Dalam hal waktu mengawinkan, saat yang tepat untuk mengawinkan kelinci adalah pada saa udara dingin seperti saat subuh maupun diatas jam delapan malam.


Untuk mengawinkan kelinci di kandang caranya adalah masukkan dulu kelinci jantan dalam kandang, biarkan sampai beberapa jam kelinci jantan dalam kandang sendirian. Kemudian masukkan kelinci betina dalam kandang agar dikawini oleh pejantan. Maksud kelinci jantan dimasukkan terlebih dahulu ke dalam kandang adalah agar kelinci jantan lebih berkuasa dalam kandang sehingga mudah mengawini yang betina.

Selesai kawin pisahkan lagi kelinci jantan dan betina sekitar setengah jam kemudian masukkan lagi biarkan jika kelinci betina masih mau dikawini yang jantan. Jika kelinci betina sudah menolak dikawini, pisahkan kedua kelinci.

Hindarkan perkawinan antar kelinci yang masih memiliki hubungan darah yang dekat untuk menghindari kelahiran anak kelinci yang cacat akibat perkawinan inbreeding.

Tanda-tanda Kelinci Bunting
  • Nafsu makan meningkat
  • Perut terlihat membuncit / membesar
  • Tingkah laku semakin agresif
  • Mulai sibuk membuat sarang
Demikian tips sederhana cara mengawinkan kelinci di kandang pada waktu yang tepat. Semoga bermanfaat.


Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 23:40:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.