Cara Peternak Sapi Lokal Menjinakkan Sapi Impor Agar Bisa Ditongar

Posted by

Bagaimana Cara Tongar Sapi Impor Agar Jinak Seperti Sapi Lokal?

Peternak sapi tentunya sudah paham jika dari negara asalnya di Australia, sapi brahman cross atau sapi impor tidak pernah dikeluh atau ditongar. Banyak yang berusaha melakukan keluh pada sapi impor dengan harapan sapinya bisa jinak seperti sapi lokal dan agar mudah dalam penanganannya. Beberpa dari mereka berhasil membuat sapi impor jinak seperti sapi lokal tetapi banyak yang bahkan gagal total karena sapinya stress, mengamuk dan tidak mau makan yang akhirnya sakit.

Pernah penulis mendapatkan sapi impor betina yang di tongar dan bisa dituntun serta jinak layaknya sapi lokal. Setelah mengobrol kesana-kemari dan coba mencari keterangan bagaimana cara paling mudah agar sapi impor bisa jinak setelah ditongar atau dikeluh seperti sapi lokal ternyata jawabannya sederhana dan diluar dugaan. Berikut tips sederhana dari peternak yang sukses menjinakkan sapi impor betina sehingga bisa ditongar/dikeluh dan dituntun seperti sapi lokal.
  • Langkah pertama tongar atau keluh sapi impor seperti layaknya sapi lokal, usahakan sapi tidak sampai stress berat karena sekat hidung sapi import tentunya masih belum berlubang karena tidak pernah ditongar sebelumnya.
  • Tambatkan sapi impor yang sudah ditongar pada kandang bersama-sama dengan sapi lainnya baik lokal maupun impor
  • Saat memberi makan usahakan selalu berinteraksi dengan sapi impor yang dikeluh tersebut agar semakin terbiasa dengan manusia dalam jarak yang sangat dekat, bisa dielus-elus kepalanya atau sekedar didekati saja.
  • Langkah terpentingnya adalah mandikan sapi impor yang telah dikeluh setiap pagi dan sore. Menurut si peternak inilah kunci agar sapi impor cepat jinak dan bisa dituntun seperti sapi lokal
Dan memang waktu penulis lihat sendiri ada satu ekor sapi impor yang baru diikat sekitar beberapa minggu sudah bisa dituntun sama petugas kandang tanpa sapi tersebut memberontak.

Keuntungan apabila sapi impor bisa ditongar dan bisa dituntun maka saat memasarkannya bisa dibawa ke pasar hewan saat harga di pasar hewan tinggi agar bisa mendapatkan keuntungan lebih.

Demikian cara sederhanan menjinakkan sapi impor agar bisa dikeluh. Memang tingkat keberhasilannya masih belum diketahui berapa % tetapi jika melihat pengalaman peternak tersebut hampir semua sapi impor yang ditongar bisa jinak seperti sapi lokal. Semoga bermanfaat.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 01:51:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.