Cara Termudah Membedakan Kenari Jantan dan Betina

Posted by

Bagaimana Cara Memilih Kenari Yang Berjenis Kelamin Jantan atau Betina?

Burung kenari merupakan salah satu jenis burung yang lumayan susah dibedakan jenis kelaminnya. Bentuk yang mirip dan serupa antara kenari jantan dan betina serta bentuk alat kelaminnya yang identik antara kenari jantan dan betina semakin menyulitkan seseorang peternak atau penggemar burung kenari utnuk menentukan secara pasti jenis kelamin burung kenari yang dimilikinya atau yang akan dibeli dan dipeliharanya.

Tetapi jangan kuatir, meskipun susah membedakan jenis kelamin kenari jantan dan betina namun masih ada cara-cara yang bisa dilakukan untuk membedakan jenis kelamin burung kenari, terutama dengan mengamati perbedaan tingkah laku, bentuk fisik dan bunyi atau kicauan burung kenari.

Berikut ini beberapa tips cara menentukan jenis kelamin burung kenari jantan dan betina.

  • Dari sisi Kicauan, ternyata secara umum burung kenari jantan lebih gacor dan lebih merdu saat berkicau dibandingkan dengan burung kenari betina. Meskipun demikian cara ini tidak menjamin 100% ketepatan dalam menentukan jenis kelamin burung kenari.
  • Secara umum burung kenari jantan memiliki warna bulu yang cenderung lebih cerah daripada burung kenari betina.
  • Jika saat musim kawin tiba, anda bisa membedakan kenari jantan dan betina dengan melihat alat kelaminnya. Pada kenari jantan akan terlihat alat kelamin yang memanjang dan menonjol sedangkan pada burung kenari betina akan terlihat datar dan bulat. Teknik ini hanya akan bisa digunakan saat tiba musim kawin dan pada saat puncak musim kawin karena diluar waktu itu jenis kelamin antara kenari jantan dan betina akan terlihat identik/sama. (lihat gambar)
  • Ada juga teknik membedakan kenari jantan dan betina dengan melihat bentuk kepala burung. Secara umum burung kenari jantan memiliki kepala yang terlihat pipih sedangkan kenari betina kepalanya terlihat bulat.(lihat gambar)
  • Teknik lain adalah dengan melihat posisi letak mata kenari, jika mata sejajar paruh umumnya menunjukkan jenis kelamin jantan sedangkan jika posisi mata sedikit diatas paruh biasanya betina. (lihat gambar)

Demikian sedikit tips dan panduan cara termudah membedakan jenis kelamin kenari jantan dan betina. Memang bagi orang awam akan sulit sekali membedakan jenis kelamin burung kenari tetapi seiring dengan latihan dan pengalaman, berbagai teknik membedakan burung kenari jantan dan betina bisa dikuasai. Semoga bermanfaat.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 19:23:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.