Info Terbaru Harga Sapi Lokal Limousine, Simmental, Madura Di Pasar Hewan

Posted by

Harga Sapi Lokal Di Pasar Hewan Pertengahan Maret 2016

Perkembangan harga sapi lokal pada bulan Maret pertengahan mengalami penurunan harga yang cukup signifikan. Populasi sapi di pasar hewan mengalami lonjakan jumlah stock yang melebihi kebutuhan jagal maupun pembeli lainnya. Banyaknya sapi yang beredar dipasaran juga akibat dari sepinya potongan jagal di RPH-RPH karena daya beli konsumen daging sapi yang semakin menurun akibat dari mahalnya harga daging sapi.

Suasana Pasar Hewan Yang Penuh Sapi
Berbagai jenis sapi seperti sapi simmental atau sapi metal, sapi limousin dan sapi Madura mengalami penurunan harga dibandingkan dengan awal Maret atau dibandingkan harga sapi saat bulan Februari 2016. Berikut ini estimasi harga sapi lokal di pasar hewan pada pertengahan Maret 2016 diseputaran pasar hewan Jawa Timur dan sekitarnya.

Harga sapi potong jenis limousin dan simmental harga mengalami penurunan hingga Rp 43.000/kg berat hidup dari bulan sebelumnya yang mencapai Rp 45.000/kg berat hidup. Demikian juga dengan harga sapi Madura dikisaran Rp 47.000 - 50.000/kg berat hidup. Untuk sapi madura semakin besar ukuran atau bobot sapi umumnya harga per kg nya akan lebih murah. Hal ini karena untuk sapi kecil dengan bobot 200 kg kebawah, untuk sapi Madura lebih banyak dibeli oleh para pedagang yang mempersiapkan dagangannya untuk sapi kurban sehingga harga per kg nya juga lebih tinggi. Apalagi cara jual sapi kurban jenis Madura ini adalah dengan cara jogrog sehingga pedagang bisa mendapatkan harga jauh lebih tinggi.

Untuk sapi bakalan jenis limousine dan simmental juga mengalami penurunan dibandingkan bulan lalu. Harga bakalan jenis simmental dan limousine berkisar antara Rp 43.000 - Rp 45.000/kg. Padahal pada bulan Februari harga bakalan masih tinggi berkisar antara Rp 45.000 - Rp 47.000/kg.

Penurunan harga ini kemungkinan besar juga disebabkan karena para peternak lokal mulai banyak yang menjual sapinya ke pasar untuk memenuhi kebutuhan pembayaran biaya sekolah anak-anaknya. Sepinya permintaan sapi dan banyaknya sapi yang beredar di pasar hewan menjadikan harga sapi lokal dipasar hewan sekitar Jatim mengalami penurunan harga yang sangat signifikan. Tetapi seperti pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya, meskipun harga sapi sudah mulai turun, harga karkas lokal dan daging sapi lokal masih enggan untuk turun.

Demikian sekilas update info harga sapi lokal di Pasar Hewan Jawa Timur pada pertengahan Maret 2016. Semoga bisa menjadi acuan dan bermanfaat bagi yang membutuhkan informasi harga sapi lokal terbaru.

loading...
Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 19:32:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.