Ketepeng Cina, Manfaat dan Cara Menggunakannya

Posted by

Tanaman Ketepeng Cina biasa ditanam sebagai tanaman perindang di pekarangan rumah. Tanaman ini memiliki batang berkayu, berbentuk bulat, simpodial, berwarna cokelat kotor, dengan tinggi mencapai 5 meter. Bentuk dari daun ketepeng cina merupakan daun majemuk, menyirip genap, anak daun berjumlah antara 8 hingga 24 pasang. Bentuk daun bulat panjang dengan ujung tumpul. Tepi daun rata, dan pangkal daun membulat. Panjang daun antara 3,5-15 cm, dan lebar 2,5-9 cm. Pertulangan daun menyirip, tangkai pendek dan warna daun hijau.Ketepeng cina memiliki daun dengan ukuran yang besar-besar yang mempunyai bentuk bulat telur yang letaknya berhadap-hadapan satu sama lain dan terurai lewat ranting daun dan bersirip genap.


Taksonomi Tanaman Ketepeng Cina
Kingdom (Dunia/Kerajaan):Plantae (Tumbuhan)Subkingdom:Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)Super divisi:Spermatophyta (Menghasilkan biji)Divisio (Pembagian):Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)Classis (Kelas):Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)Sub Kelas :RosidaeOrdo (Bangsa):FabalesFamilia (Suku):Fabaceae (suku polong-polongan)Genus (Marga):CassiaSpecies (Jenis):Cassia alata L.

Istilah Daerah dan Mancanegara Untuk Ketepeng Cina:
Seven golden candlestik (Inggris), Akapulko (Pilipina), Ketepeng kebo (Jawa), Ketepeng cina (Indonesia), Ketepeng badak (Sunda), Acon-aconan (Madura), Sajamera (Halmahera); Kupang-kupang (Ternate), Tabankun (Tidore), Daun kupang, daun kurap, gelenggang, uru’kap (Sumatera), Acon-aconan ( Madura)

Tanaman Ketepeng cina memiliki bunga yang bagian  mahkota bawahnya berwarna kuning dan ujung kuncup pada tandan berwarna coklat muda. Buahnya berupa buah polong yang bersayap dan pipih berwarna hitam.
Biji Ketepeng cina merupakan segi tiga lancip, dan pipih. Pada saat masih muda, biji ketapang cina ini berwrna hijau , dan setelah tua mejadi hitam.
Tumbuhan ini memiliki akar tunggang, bercabang , berbentuk bulat dan berwarna kehitaman. Berasal dari daratan Amerika dan bisa tumbuh sampai dataran 1400 m dpl. Tanaman ini sebenarnya adalah tanaman liar yang mudah tumbuh di tempat-tempat yang lembab.

Kandungan Zat Aktif  Ketepeng Cina
Zat rein aloe-emodina, rein aloe-emodina-diantron, rein, aloe emodina, asam krisofanat, (dihidroksimetilanthraquinone), dan tannin. Sifat dari tanaman ketepeng cina pedas, hangat, insecticidal, menghilangkan gatal-gatal, pencahar, obat cacing, obat kelainan kulit yang disebabkan oleh parasit kulit.

Cara Membuat Ramuan Obat Herbal Dari Tanaman Ketepeng Cina

Ramuan untuk mengobati Cacing Keremi pada anak-anak
Caranya: Ambil bahan sebanyak 7 lembar daun ketepeng cina segar, asam secukupnya untuk menghilangkan bau, 2 sendok teh bubuk akar kelembak. Semua bahan direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih sampai menjadi 1 gelas, disaring. Cara menggunakan: Sesudah hangat diminum

Mengobati panu, kurap
Caranya: Ambil bahan sebanyak 1 genggam daun ketepeng cina segar, sedikit tawas ( atau 1se ndok makan kapur sirih). Semua bahan direbus, dilumatkan sampai menjadi bubur. Gosokkan kuat-kuat pada kulit yang sakit, 2x per hari
 
Mengobati Sembelit ( susah buang air besar)
Caranya: Ambil Bahan sebanyak 7 lembar daun muda ketepeng cina segar. Bahan direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih sampai menjadi 1 gelas. Setelah dingin diminum sekaligus
 
Mengobati Sariawan
Caranya: Ambil Bahan sebanyak 4 lembar daun ketepeng cina segar, garam secukupnya. Bahan dicuci bersih, dikunyah dengan garam secukupnya ( seperti mengunyah sirih) selama beberapa menit, kemudian airnya ditelan dan ampasnya dibuang.

loading...
Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 20:33:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.