Penelitian Ilmiah dan Fakta Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan

Posted by

Fakta-fakta Penting Manfaat Temulawak Sebagai Obat Tradisional Berdasarkan Berbagai Penelitian Ilmiah

Temulawak. Temulawak adalah jenis temu-temuan seperti juga jahe, kencur, laos, temu giring dan lain-lainnya. Manfaat temulawak yang paling populer adalah sebagi obat alami untuk pemulihan penderita hepatitis. Hal ini karena adanya kandungan curcumin yang tinggi pada temu lawak yang ampuh untuk pengobatan hepatitis.
Manfaat lain temulawak untuk anak-anak adalah sebagai perangsang nafsu makan juga sebagai penambah kekebalan anak. Curcumin juga dikenal memiliki efek sebagai anti kanker dan antiradang. Masih banyak lagi manfaat temulawak bagi kesehatan

Tetapi benarkah manfaat temulawak ini telah teruji melalui serangkaian penelitian ilmiah? Dapatkah penggunaan temulawak sebagai obat tradisional dipertanggungjawabkan secara medis?

Berikut ini beberapa hasil penelitian ilmiah yang dimaksudkan untuk mendukung manfaat temulawak bagi pengobatan berbagai jenis penyakit sehingga bisa dipertanggungjawabkan secara klinis.

Penelitian Ilmiah Manfaat Temulawak Untuk Menjaga Kesehatan Hati dan Pengobatan Untuk Pemulihan Penderita Hepatitis

Tujuan dari penelitian kali ini adalah untuk mengetahui pengaruh sari rimpang temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb.) terhadap kerusakan sel hati tikus putih (Rattus norvegicus) strain Wistar betina yang diberi larutan timbal nitrat (Pb(NO3)2) Jenis penelitian ini adalah eksperimen sungguhan, populasi dalam penelitian ini adalah tikus putih (Rattus norvegicus) strain Wistar betina. Jumlah sampel yang digunakan adalah 24 ekor, penelitian ini terdiri dari 6 perlakuan yaitu perlakuan kontrol, perlakuan diberi (Pb(NO3)2) perlakuan kombinasi diberi (Pb(NO3)2) + sari rimpang temulawak konsentrasi 10%, 30%, 50%, dan 70% yang diberikan secara peroral. Setiap perlakuan menggunakan 4 kali ulangan, sedangkan teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling (sederhana).

Variabel penelitian yaitu variabel bebas: konsentrasi rimpang temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb.), variabel tegantung: jumlah nekrosis sel hati, variabel kontrol: dosis (Pb(NO3)2), jenis kelamin tikus, umur tikus, makanan dan minuman tikus, kandang, perawatan, temulawak dan cara pembuatan sari rimpang temulawak. Analisis data jumlah nekrosis sel hati menggunakan ANAVA 1 faktor yang dilanjutkan dengan uji duncan’s taraf signifikasi 1%.

Berdasarkan hasil uji ANAVA 1 faktor pada jumlah nekrosis sel hati diperoleh Fhitung = 171,409 > Ftabel = 4,89 (pada signifikasi 1%) ini menunjukkan ada pengaruh pemberian berbagai konsentrasi sari rimpang temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb.) terhadap jumlah nekrosis sel hati tikus (Rattus norvegicus) strain Wistar betina. Sedangkan dari hasil uji duncan’s dengan taraf 1%, perlakuan yang paling baik terhadap nekrosis sel hati yaitu pada perlakuan pemberian konsentrasi 70% dimana rata-rata nekrosis sel adalah 6%, persentase nekrosis pada perlakuan ini tidak berbeda nyata dengan kontrol, dimana pada kontrol rata- rata nekrosis sel adalah 3%, hal tersebut membuktikan bahwa sari rimpang temulawak 70% dengan kandungan zat aktif curcumin dapat digunakan sebagai hepatoprotektor.

Penelitian Manfaat Temulawak Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat (LDL) Dalam Darah

Uji Klinis yang melibatkan 80 pasien kolesterol tinggi, membuktikan bahwa pemberian 2 kapsul ekstrak temulawak selama 2 hari sekali dalam jangka waktu 4 minggu mampu menurunkan kadar kolesterol 18, 25% dan kadar kolesterol jahat turun hingga 25,98% ( Hasil Penelitian Prof. Dr. Suwijiyo Pramono Apt dari Fakultas Farmasi UGM)

Penelitian Ilmiah Manfaat Temulawak Untuk Mencegah Stroke

Penelitian tentang manfaat temulawak sebagai antistroke dilakukan di Unpad Bandung. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa Xanthorrizol yang dikandung temulawak bisa mencegah penyumbatan darah ke otak ( Prof. Dr. Sidik Apt, guru besar emiritus Farmasi Universitas Padjajaran Bandung)

Penelitian Ilmiah Manfaat Temulawak Untuk Menjaga Hati dari Kerusakan

Hasil penelitian ini didapatkan dari penelitian yang dilakukan di Seoul Korea Selatan. Penelitian menunjukkan bahwa Temulawak berkhasiat membantu detoksifikasi di hati, melindungi liver, dan sekresi cairan empedu. ( Hasil penelitian Prof. Dr. Jk Hwang dari Yonsei University di Seoul Korea)

Penelitian Manfaat Temulawak Untuk Menurunkan Suhu Tubuh Saat Demam/Panas, Anti Plak dan Sumber Antioksidan

Yamakazi dan tim penelitinya dari Jepang melakukan pebelitian ilmiah tentang manfaat temulawak untuk menurunkan suhu tubuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Temulawak mengandung germakron yang berfungsi menekan sistem syaraf pusat yang kemudian efeknya mampu menurunkan suhu tubuh. Penelitian lainnya yang dilakukan oleh beberapa universitas berhasil membuktikan bahwa rimpang temulawak bisa juga digunakan sebagai obat antistroke, antioksidan, menghambat osteoporosis, sebagai antiplasmodial, anti plak dan pertahanan gigi.

Kandungan Zat Aktif  Temulawak
Berdasarkan hasil tes uji yang dilakukan oleh Balai penelitian tanaman dan obat, diperoleh sejumlah zat / senyawa dalam rimpang temulawak antara lain : Air 19,98%, pati 41,45%, serat 12,62%, abu 4,62%, abu tak larut asam 0,56%, sari air 10,96%, sari alkohol 9,48%, dan kurkumin 2,29%.Dari hasil pengujian tersebut, ditemukan juga kandungan alkaloid, flavonoid, fenolik, triterpennoid, glikosida tannin, saponin dan steroid . Dalam rimpang temulawak terdapat juga kandungan minyak atsiri sebesar 3,81%, meliputi : d-kamfer, sikloisoren, mirsen,p-toluil metikarbinol, pati, d-kamfer, siklo isoren, mirsen, p-toluil metilkarbinol, falandren, borneol, tumerol, xanthorrhizol, sineol, isofuranogermakren, zingiberen, zingeberol, turmeron, artmeron, sabinen, germakron, dan atlantone.

Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan
Berdasarkan hasil penelitian ilmiah, Temulawak terbukti sangat bermanfaat bagi kesehatan, dengan catatan penggunaan harus dilakukan secara kontinyu dan tentu saja harus diminum secara teratur. Beberapa manfaat temulawak bagi kesehatan antara lain:
  • Menambah nafsu makan terutama pada anak-anak dan balita
  • Mencegah kerusakan hati dan Memelihara kesehatan fungsi hati,
  • Bermanfaat sebagai Anti radang dan nyeri sendi,
  • Menghambat terjadinya penggumpalan darah,
  • Sebagai antioksidan untuk pemeliharaan kesehatan,
  • Menjaga kadar kolesterol tetap stabil dengan menormalkan lemak darah, termasuk kolesterol,
  • Memperlancar pencernaan dan Memperbaiki fungsi pencernaan,

loading...
Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 01:44:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.