Tanaman Ketumbar, Manfaat dan Kandungan Zat Aktifnya

Posted by

Ketumbar. Ketumbar adalah salah satu bumbu dapur yang juga memiliki manfaat banyak bagi kesehatan. Tanaman yang memiliki batang tak berkayu, beralur, dan penampang berlubang, percabangan dikotom, batang jika memar berbau wangi ini telah lama dimanfaatkan sebagai obat herbal yang berkhasiat.


Tanaman ketumbar bisa mencapai tinggi 1 meter dan biasanya ditanam didaerah pegunungan dan sudah dibudidayakan di perkebunan sebagaimana tanaman lada atau merica.Buahnya berbentuk bulat berwarna hijau dan bila sudah tua berwarna coklat muda, Panjang buah 4-5 mm.
Dalam perdagangan obat ketumbar dinamakan fructus coriandri. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai coriander dan di Amerika Latin dikenal sebagai cilantro. Tumbuhan ini berasal dari Eropa Selatan dan sekitar Laut Kaspia. Daun ketumbar dinamai coriander leaves, fresh coriander, Chinese parsley, atau (di Amerika Utara) cilantro. Daunnya mempunyai rasa yang berbeda dengan biji, dengan adanya semacam rasa citrus.
Cara mudah memperbanyak tanaman ketumbar adalah dengan biji. Gunakan biji yang sudah tua untuk dijadikan benih yang baik. Ketumbar Mengandung beberapa komposisi zat kimia : sabinene, myrcene, a-terpinene, ocimene, linalool, geraniol, dekanal, desilaldehida, trantridecen, asam petroselinat, asam oktadasenat, d-mannite, skopoletin, p-simena, kamfena, dan felandren.
Ketumbar mengandung energi sebesar 404 kilokalori, protein 14,1 gram, karbohidrat 54,2 gram, lemak 16,1 gram, kalsium 630 miligram, fosfor 370 miligram, dan zat besi 18 miligram.
Selain itu di dalam Ketumbar juga terkandung vitamin A sebanyak 1570 IU, vitamin B1 0,2 miligram dan vitamin C 0 miligram. Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Ketumbar, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %. Buahnya mengandung minyak atsiri, koriandrol, alfapinen, betapinen, simen, terpinen, borneol, geraniol, dan lemak.
Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan
Pelancar pencernaan
Peluruh kentut (carminative)
Peluruh ASI (lactago)
Penambah nafsu makan (stomachica).
Meredakan pusing, muntah-muntah, 
Mencegah influenza, 
Mengobati wasir, 
Mencegah radang lambung dan radang payudara
Mencegah dan Mengobati campak, masuk angin
Menurunkan tekanan darah tinggi
Mengatasi lemah syahwat.
Menurunkan Kolesterol
Mencegah Anemia
Menurunkan kadar gula pada penderita Diabetes
Didalam ketumbar terdapat zat yang disebut cumin, dimana stimulasi dari zat cumin akan meningkatkan seksresi insulin dari dalam pankreas.proses ini akan merubah gula menjadi glikogen yang akan dimanfaatkan oleh tubuh, hal ini akan memberikan efek positif terhadap penurunan kadar gula darah agar kembali normal.
Mengatasi Komedo
Melindungi Hati
dll

Contoh Pemakaian Ketumbar Untuk Obat
  • Untuk mengatasi Wasir adalah dengan menyangrai biji ketumbar, ditumbuk halus, lalu diseduh dengan air.
  • Untuk Lemah Syahwat dengan menghaluskan ketumbar dan bahan lainnya, ditambah air, disaring lalu diminum.
  • Untuk mengatasi batuk, ketumbar, jahe, dan buah pir di tim, lalu dimakan.
  • Untuk mengatasi haid tak lancar dengan menghaluskan ketumbar dan bahan lain, direbus, lalu disaring.
Efek Samping dan Bahaya Ketumbar
Belum ada Laporan resmi mengenai efek samping dan bahaya penggunaan ketumbar sebagai obat herbal sejauh dengan pemakain dan dosis normal sesuai anjuran dan tidak berlebihan.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 23:29:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.