Hari Bumi, Google Doodle dan Sejarahnya

Posted by

Hari Bumi, Telah Tampak Kerusakan di Muka Bumi Akibat Ulah Manusia

Kepedulian akan efek rumah kaca dan global warmning sebagai akibat pencemaran bumi oleh manusia sendiri semakin tinggi dari tahun ke tahun. Banyaknya pabrik-pabrik yang memproduksi barang sekaligus juga memproduksi limbah berbahaya memang semakin tinggi intenstitasnya dari tahun ke tahun.

Penanganan limbah pabrik yang terkesan asal-asalan apalagi yang dengan sengaja membuang limbah berbahaya ke sungai, laut dan di sembarang tempat menjadikan bumi ini semakin rapuh dan rusak. Pencemaran limbah berbahaya tidak hanya dari pabrik tetapi juga dari kendaraan bermotor yang jumlahnya semakin banyak dari tahun ke tahun. 

Hari bumi hanyalah sebagai tonggak untuk meningkatkan kepedulian dengan lingkungan dan kondisi bumi kita yang semakin rusak akibat ulah kita sendiri. Hari bumi bukan berarti kita hanya peduli dengan bumi sesaat saja, hanya 1 hari setiap tanggal 22 April. Jika hanya peduli sehari saja maka tidak perlu ada hari bumi karena tidak akan berarti apa-apa terhadap bumi ini. Hari bumi diperlukan hanya sebagai tonggak untuk kita selalu peduli dengan lingkungan setiap hari, setiap jam, setiap menit, setiap detik. Jangan meninggalkan warisan bumi yang rusak parah dan penuh pencemaran limbah berbahaya pada anak cucu kita.

Cara Sederhana Untuk Peduli Bumi
Banyak cara sederhana untuk kita lebih peduli pada kondisi lingkungan di bumi kita, tidak perlu muluk-muluk, berikut langkah sederhana yang bisa kita lakukan dan semoga bisa membuat bumi menjadi lebih "sehat".
  • Jangan buang sampah sembarangan, buang sampah pada tempatnya
  • Tidak membakar sampah sembarangan
  • Matikan listrik saat tidak perlu
  • Matikan alat elektronik jika tidak benar-benar membutuhkan
  • Sesedikit mungkin menggunakan AC
  • Jaga jangan sampai terjadi kebakaran hutan akibat ulah kita
  • Hemat pemakaian bbm dengan membudayakan jalan kaki saat menuju tempat yang dekat
  • Kurangi penggunaan mobil dan motor
  • Tanamlah segala jenis tanaman pada tanah-tanah yang kosong
  • Pisahkan sampah organik dan anorganik sejak dari rumah. 
  • Kurangi sampah sejak dari rumah tinggal anda
  • Dan masih banyak lagi cara sederhana lain sebagai wujud kepedulian kita terhadap bumi yang semakin renta, tua dan rapuh akibat kerusakan oleh tangan-tangan kita sendiri.
Google Doodle dan Hari Bumi
Tepat tanggal 22 April 2016, tampilan google doodle juga tidak ketinggalan ikut memperingati hari bumi. Seakan mengingatkan kita semua pengguna internet agar lebih peduli terhadap lingkungan di bumi ini. Berikut gambar-gambar google doodle dalam rangka memperingati hari bumi 2016:

Hari Bumi (Google Doodle)
Hari Bumi
Earth Day
Doodle Google Hari Bumi
Hari Bumi / Earth Day

Sejarah Hari Bumi

Sejarah peringatan Hari Bumi (Earth Day) diselenggarakan pertama kali pada 22 April 1970 di Amerika Serikat. Penggagasnya adalah Gaylord Nelson, seorang senator Amerika Serikat dari Wisconsin yang juga pengajar lingkungan hidup. Gagasan tentang peringatan Hari Bumi mulai disampaikan oleh Gaylord Nelson sejak tahun 1969. Saat itu Gaylord Nelson memandang perlunya isu-isu lingkungan hidup untuk masuk dalam kurikulum resmi perguruan tinggi. Gagasan ini kemudian mendapat dukungan luas.

Saat itu sejarah mencatat tanggal 22 April 1970  jutaan orang turun ke jalan, berdemonstrasi dan memadati Fifth Avenue di New York untuk mengecam para perusak bumi. Majalah TIME memperkirakan bahwa sekitar 20 juta manusia turun ke jalan pada 22 April 1970. Inilah tonggak sejarah diperingatinya sebagai Hari Bumi yang pertama kali. Tanggal 22 April juga bertepatan dengan musim semi di Northern Hemisphere (belahan bumi utara) sekaligus musim gugur di belahan bumi selatan. Sejak itu, pada tanggal 22 April setiap tahunnya Hari Bumi (Earth Day) diperingati.

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 19:31:00

0 komentar:

Powered by Blogger.