Sapi Metal, Ciri-ciri dan Potensi Kenaikan Berat Badan

Posted by

Kenali Ciri-ciri Utama Sapi Simmental

Saat anda pergi ke pasar hewan untuk membeli sapi jenis tertentu maka anda wajib mengetahui ciri khas jenis sapi yang akan anda beli tersebut. Mengenali ciri-ciri utama jenis sapi tertentu akan bisa menghindarkan anda dari salah beli atau salah memilih sapi dan juga mencegah penipuan oleh blantik maupun pedagang sapi di pasar hewan.


Setiap jenis sapi memang memiliki ciri khas yang kadang tidak dimiliki jenis sapi lain. Sebagai contoh sapi Bali, ada tanda khusus berupa warna putih pada bagian pantat juga warna putih pada kaki dibawah dengkul hingga mirip seperti memakai kaos kaki. Bagaimana dengan jenis sapi simmental? Adakah ciri khusus sapi jenis simmental yang bisa dijadikan acuan saat kita memilih untuk membeli jenis sapi ini di pasar hewan?

Berikut ciri-ciri dan karakteristik Sapi Jenis Simmental atau yang dikenal oleh petani dan peternak lokal dengan sebutan Sapi "Metal":

Sapi SImmental memiliki warna kulit bervariasi dari kuning keemasan, putih, dimana warna merata seluruh tubuh. Jika sapi simmental di Amerika berwarna berbeda yang didominasi hitam atau merah

Ciri Khas Kepala berwarna putih pada bagian atasnya.

Ciri lain yang bisa ditandai pada sapi Simmental adalah mayoritas sapi ini memiliki pigmen di sekitar mata, gunanya untuk membantu mengurangi masalah mata apabila terkena sinar matahari.

Ciri lain : bertanduk

Secara genetik, sapi Simmental adalah sapi potong yang berasal dari wilayah beriklim dingin, merupakan sapi tipe besar, mempunyai volume rumen yang besar, voluntary intake (kemampuan menambah konsumsi diluar kebutuhan yang sebenarnya) yang tinggi dan metabolic rate yang cepat, sehingga menuntut tata laksana pemeliharaan yang lebih teratur.

Potensi Berat Badan Sapi Simmental

Bobot Pejantan dewasa mampu mencapai berat badan 1150 kg bahkan bisa lebih jika pakan dan managemen pemeliharaannya bagus. Sapi Simental betina dewasa beratnya bisa mencapai 800 - 900 kg

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 02:31:00

0 komentar:

Powered by Blogger.