Cara Mengobati Penyakit ND Pada Ayam

Posted by

Ayam Terserang Penyakit ND, Ini Cara Mengatasinya!

Penyakit ND, Gejala dan Cara Mengobatinya

Salah satu cara deteksi ayam yang terkena ND adalah dengan otopsi bagian proventrikulus. Jika ada pendarahan pada bagian proventrikulus, atau juga saluran usus berarti kemungkinan besar ayam memang sudah terserang ND. Penyakit ND yang sudah menginfeksi ayam tidak bisa diobati karena penyebabnya adalah virus. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan revaksinasi menggunakan ND Clone 45. Pengobatan atau revaksinasi menggunakan ND Clone 45 dapat dilakukan melalui suntikan.

Untuk menambah daya tahan tubuh ayam yang terkena ND bisa diberikan minum vitamin dosis tinggi, ditambah air gula, bisa juga ditambah dengan antangin madu, ramuan ini sebagai pengganti infus.

Mengapa harus otopsi proventrikulus?
Proventrikulus menghasilkan asam klorida (HCl) yang berperan dalam membantu proses pencernaan sehingga kondisi proventrikulus menjadi asam. Pada kasus AI, perdarahan lebih terjadi di proventrikulus bagian depan dan cenderung pada perbatasan proventrikulus dan oesophagus (kerongkongan,red). Hal ini dikarenakan virus AI memiliki sifat tidak tahan asam. Jika ND yang menyerang maka besar kemungkinan peradangan terjadi pada puncak/bintik-bintik proventrikulus, namun ketika serangan sudah parah maka peradangan bisa menyeluruh pada proventrikulus.

Ciri Khas Lain Seekor Ayam Terkena Serangan ND

Perhatikan warna feses atau kotoran ayam. Feses juga bisa memberikan rambu untuk mengarahkan penyakit, namun tidak terlalu spesifik. Pada kasus AI, warna feses cenderung hijau pupus yang kadang disertai darah dan lendir yang dominan sehingga bentuknya seperti pasta dan menempel pada pantat. ND cenderung menunjukkan manifestasi feses berwarna hijau lumut campur keputihan dan biasanya lebih encer jika dibandingkan pada kasus AI. Tetapi yang perlu dicatat, jika peternak tidak biasa mengamati perubahan feses tersebut maka perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut karena pengamatan feses ini tidak bisa dijadikan patokan utama untuk menyimpulkan diagnosa.



Feses berwarna hijau dan bercampur lendir pada kasus AI
Feses berwarna hijau campur warna keputihan dan cenderung encer pada kasus ND
(Sumber : Tony Unandar)


Gejala Leher Terpelintir. Gejala tortikolis selama ini identik dengan diagnosa ND sehingga penyakit ND sering disebut dengan istilah “tetelo”. Namun jika ditelaah lebih lanjut, tidak selamanya gejala tersebut spesifik mencirikan ND. Pada beberapa kasus AI dapat ditemukan pula kejadian tortikolis meskipun presentasinya sedikit. Gejala tortikolis ini juga spesifik pada serangan penyakit AE (Avian Enchephalomyelitis) dan SMS (Spiking Mortality Syndrome) namun sering disertai dengan tremor (gemetar,red) seluruh tubuh.

Penanganan dan Pengobatan ND dan IB
Lakukan revaksinasi darurat dengan Medivac ND Clone 45. Sedangkan jika ayam terindikasi IB maka dapat segera dilakukan revaksinasi menggunakan Medivac IB H-120. Namun yang perlu diingat, revaksinasi sebaiknya dilakukan pada ayam-ayam yang terlihat masih agak sehat.

Sedangkan pada ayam-ayam yang sudah parah sebaiknya diafkir. Setelah dilakukan revaksinasi darurat, perlu diberikan vitamin seperti Vita Stress atau Fortevit guna meningkatkan stamina ayam serta membantu pemulihan kesehatan. Yang tidak boleh terlupakan adalah tetap memperketat biosekuriti serta mengurangi faktor penyebab stres pada ayam.



Medivac ND Clone 45 untuk vaksinasi pertama, revaksinasi dan vaksinasi darurat.
(Sumber : Dok. Medion)

loading...
Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 00:51:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.