Harga Kulit Sapi dan Oval (Jerohan) Terbaru 2016 Jelang Puasa

Posted by

Informasi Harga Kulit dan Jerohan Sapi Menjelang Ramadhan 2016

Kulit dan jerohan atau oval sebagai produk sampingan yang tidak dapat dipisahkan dari usaha penjualan daging sapi sangat berpengaruh terhadap keuntungan seorang pedagang karkas/daging.


Ketika harga kulit dan jerohan anjlok, penerimaan para pedagang karkas atau pemotong sapi juga otomatis akan ikut turun. Karena jika asumsi per 1 ekor sapi memiliki kulit dengan berat rata-rata 30 kg ditambah dengan jerohan (yang biasanya beratnya dikonversikan sama dengan berat karkas untuk pasar di Jabodetabek) harganya turun maka beban keuntungan akan memberatkan harga daging.

Berapa harga kulit sapi dan jerohan (oval) menjelang puasa 2016 ini?
  • Harga kulit basah yang terpantau di RPH sekitar Jabodetabek saat ini adalah Rp 16.000-17.000/kg, sedangkan harga jerohan berkisar antara Rp 6.000/kg berat karkas. Jadi jika berat karkas sapi 200 kg maka harga borongan jerohan menjadi Rp 6.000 x 200 kg = Rp 1.200.000,00.
  • Jika berat kulit 30 kg maka harga per lembar kulit menjadi Rp 17.000 x 30 kg = Rp 510.000/kg
  • Jadi penghasilan pedagang karkas/daging dari Kulit dan jerohan saja Rp 1.710.000,00. Tentunya ini bukan angka yang kecil. Jadi wajar saja jika harga kulit dan jerohan anjlok biasanya pedagang karkas akan mengurangi jumlah potongan sapinya.
  • Biasanya harga kulit akan cenderung turun drastis saat lebaran haji atau hari raya kurban karena stok dan suply kulit yang melimpah dari hasil potongan hewan kurban. Pada saat seperti itu biasanya jagal juga akan mengurangi bahkan menghentikan potongan sapi karena daging, kulit dan jerohan hewan kurban yang melimpah di masyarakat.

Demikian informai tentang harga kulit dan jerohan terbaru 2016. Semoga bermanfaat.


loading...
Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 23:40:00

1 komentar:

Admin said...


rencanakan kurban anda dengan tabungan kurban inshaAllah akan mempermudah para perkurban untuk mempunyai hewan kurban pada saat akan berkurban di hari raya idul adha.

Loading...
Powered by Blogger.