Macam-Macam Cara Membersihkan Kotoran Sapi di Kandang Lantai Cor

Posted by

Cara Membersihkan Kandang Sapi Dengan Lantai Cor dari Kotoran Sapi (Ternak).

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan permbersihan kandang sapi dari kotoran yang menumpuk. Kegiatan membersihkan kandang dari kotoran adalah kegiatan wajib seorang peternak karena kandang yang bersih juga akan membuat sapi lebih nyaman dan tentu saja sehat.


Bayangkan saja saat anda mengunjungi peternakan sapi yang terkesan jorok, kotoran sapi tidak terurus dan menumpuk dikandang sehingga menyebabkan lalat berkembang biak dimana-mana. Selain itu, kandang yang kotor dengan tumpukan kotoran sapi akan mengundang bau tajam yang tidak sedap karena tingginya kadar amonia yang keluar dari tumpukan kotoran sapi.

Cara untuk membersihkan kotoran sapi di kandang tergantung dari jenis lantai kandang yang digunakan. Untuk kandang tanah, cara pembersihannya sangat sederhana karena tinggal mengambil saja kotoran sapi yang menumpuk menggunakan skop atau cangkul dan kemudian dipindahkan ke tempat pembuangan akhir atau diolah menjadi kompos.

Bagaimana dengan kandang yang berlantai cor?
Untuk kandang dengan lantai cor agak khusus cara membersihkan kotorannya. Jika dengan sistem tradisional maka kita membutuhkan garuk untuk meminggirkan kotoran sapi yang kemudian bisa diangkut menggunakan kendaraan khusus untuk dibawa ke tempat penampungan atau pembuatan kompos dan biogas.

Cara yang lain untuk membersihkan kotoran sapi dikandang berlantai cor adalah dengan flushing yaitu dengan menyemprot lantai kandang dengan pompa bertekanan tinggi menggunakan selang khusus. Untuk pembersihan kotoran dengan flushing konstruksi kemiringan kandang harus diperhatikan agar air berserta kotoran lancar mengalir. Kemiringan kandang sapi sekitar 5% sehingga jika jarak lantai  kandang antara bagian depan sampai belakang adalah 100 cm maka perbedaan ketinggian lantai adalah 5 cm. Untuk cara ini juga perlu dipersiapkan lagoon untuk menampung air bekas penyemprotan yang bisa direcycle lagi untuk digunakan menyemprot kandang berikutnya.

Keuntungan cara ini adalah lebih efisien dan menghemat tenaga kerja karena cara pengerjaannya bisa dilakukan dengan sistem borongan perkandang atau dengan kontrak tertentu dengan standar kebersihan yang sudah disepakati. Waktu penyemprotan kandang juga bisa ditentukan agar lebih efisien.

Air pada lagoon yang kadang berlebih bisa dimanfaatkan lagi untuk penyiraman lahan tanaman hijauan yang sekaligus juga bermanfaat sebagai pupuk cair.

Tips Saat Membuat Lantai Kandang Cor
  • Kemiringan lantai kandang sekitar 5%
  • Permukaan lantai kandang jangan terlalu kasar atau terlalu licin. Jika terlalu kasar akan merusak kuku sapi sedangkan jika terlalu halus atau licin mengakibatkan sapi mudah tergelincir atau terpeleset yang bisa menyebabkan lamenes atau pincang
  • Lantai kandang harus lebih tinggi dari permukaan tananh sekitar kandang agar aliran air bekas penyemprotan kandang serta aliran air kencing sapi bisa lancar dan tidak menggenang dalam area kandang.
  • Buatkan parit disekitar lantai kandang untuk tempat aliran air kencing dan air pembersihan kandang
  • Lantai kandang yang lebih tinggi juga bisa mencegah air hujan mengalir kedalam kandang

loading...
Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 19:34:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.