Sapi Angus, Keunggulan dan Ciri Fisiknya

Posted by

Karakteristik Sapi Aberdeen Angus 

Sapi Angus masuk ke Indonesia sekitar tahun 1974 merupakan jenis ternak sapi asli asal Selandia Baru.

Ciri paling khas sapi Angus adalah warnanya yang serba hitam (ala ninja) pada sekujur tubuhnya. Jika dalam bahasa Jawa sapi ini sangat mudah diingat karena namanya Angus kalau dalam bahasa jawa bisa berarti gosong dan semua yang gosong tentunya berwarna hitam jadi klop dengan warna kulit jenis sapi ini.
Dikarenakan asalnya adalah dari suatu daerah yang bernama Aberdeen Shire dan Aungushire di Negara Scotlandia sana maka sapi Angus ini memiliki nama resmi atau nama populer Aberdeen Angus.



Ciri fisik sapi Angus lainnya adalah tidak memiliki punuk dan juga tidak mempunyai tanduk, bentuknya agak pendek tetapi gerakannya lincah atau aktif bergerak.

Berat sapi Aberdeen Angus Jantan Dewasa bisa mencapai 1 ton atau lebih tergantung dari intensifnya pemeliharaan jenis sapi ini. Sedangkan berat yang betina dewasa umumnya natara 500 - 750 kg.

Keunggulan dari segi daging, sapi Angus memiliki komposisi daging yang seratnya padat dan halus sehingga sangat disukai, jika dibandingkan dengan jenis sapi lain.
Bangsa sapi ini banyak digunakan pada crossbreeding dan grading up untuk menghasilkan sapi potong yang baik. Jika sesame bangsa sapi angus dikawinkan dengan seperempat dari keturunannya, warna tubuhnya akan berubah menjadi merah dan tidak bertanduk (red angus).

Keunggulan Sapi Angus
  • Memiliki sifat yang dominan sehingga sangat bagus untuk disilangkan dengan sapi lain
  • Tidak memiliki tanduk sehingga relatif aman jika dipelihara secara koloni merupakan keunggulan yang tidak dimiliki jenis sapi lain.
  • Bentuk tubuh panjang dan kompak meskipun ukuran tingginya termasuk pendek. Tubuh yang panjang dan kompak menunjukkan persentase karkas yang bagus dan daging yang padat.
  • Jarang mengalami kesulitan saat beranak serta memiliki sifat keibuan yang sangat bagus
  • Mudah menurunkan sifat marbling atau perlemakan dalam daging pada anak-anaknya. Sifat ini (marbling) sangat disukai dinegara-negara eropa tetapi di Indonesia khususnya pasar daging lokal tidak menyukai daging yang berlemak.

Salah satu contoh sapi unggul hasil persilangan jenis sapi ini adalah persilangan antara sapi Angus dan Sapi Brahman sehingga dikenal dengan nama populer sapi Brangus.


Demikian beberapa informasi singkat tentang sapi Aberdeen Angus (Sapi Angus) Si Hitam yang memiliki banyak keunggulan. Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 01:26:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.