Sapi Santa Gertrudis, Jenis Ternak Potong Unggulan

Posted by

Jenis Sapi Potong  Hasil Persilangan Brahman dan Shorthorn, Santa Gertrudis


Banyak sekali sebenarnya jenis-jenis sapi potong yang bagus untuk digemukkan selain Limousin dan Simmental yang saat ini merupakan jenis sapi favorit peternak kecil. Sapi-sapi potong unggul tersebut umumnya diperoleh dengan menyilangkan jenis-jensi sapi unggul baik yang jantan maupun yang betina. Sebut saja salah satu persilangan unggul antara sapi Brahman dengan sapi Angus yang memunculkan satu jenis sapi potong unggul yang dikenal dengan sebutan sapi Brangus.

Berikut ini adalah sapi potong unggul yang merupakan hasil persilangan juga yaitu Santa Gertrudis. Memang nama ini tidaklah sepopuler jenis simmental dan limousin. Sapi Santa Gertrudis ini merupakan hasil silangan dua jenis sapi unggul. Sapi jenis Santa Gertrudis ini masuk ke Indonesia pada tahun 1973.



Asal dari jenis sapi santa gertrudis adalah merupakan hasil persilangan antara penjantan brahman dengan induk shorthorn dan pertama kali diciptakan dan dikembangkan di daerah Texas, Amerika Serikat. Sapi Santa gertrudis berkembang di AS sebagai salah satu sapi penghasil daging yang bagus.

Ciri-ciri Utama Sapi Santa Gertrudis
  • Sapi ini bergelambir dan jantan berpunuk kecil
  • Bulunya berwarna cokelat kemerahan, pendek, dan halus. 
  • Postur tubuhnya termasuk besar dengan punggung dan kepala lebar
  • Sapi ini mempunyai lipatan kulit di bawah leher. 
  • Bobot badan jantan dewasa sekitar 900 kg dan bisa lebih dengan pemeliharaan intensif, sedang betina dewasa sekitar 725 kg.

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 01:59:00

0 komentar:

Powered by Blogger.