Tips Membuat Atap Kandang Sapi Yang Baik

Posted by

Cara Membuat dan Memilih Bahan Atap Untuk Kandang Sapi 

Salah satu bagian penting dari kandang sapi adalah pada bagian atap. Karena atap ini memiliki banyak sekali fungsi dan manfaat. Fungsi yang paling penting adalah melindungi sapi terhadap hujan dan sinar terik matahari. Fungsi yang lainnya adalah untuk  melindungi pakan sapi dari terpaan air hujan terutama jika pakan sapi tersebut berupa konsentrat.


Sebenarnya bahan-bahan yang bisa dipakai untuk atap rumah pada umumnya bisa dipergunakan juga untuk atap kandang sapi. Bahan atap seperti asber, genteng bahkan seng sebenarnya bisa dipakai untuk kandang sapi asal disesuaikan dengan konstruksi kandang. Bahan lain yang juga bisa dipakai adalah daun rumbia, daun alang-alang, janur dan lain-lain. Yang perlu diperhatikan saat memilih bahan atap adalah dari segi kekuatan bahan, kenyamanan untuk sapi dan tentu saja harus ekonomis.

Sebagai contoh jika anda memilih menggunakan penutup atap dari genteng maka karena sifat genteng yang bisa meredam panas maka anda tidak perlu terlalu tinggi membuat tiang untuk atapnya. Lain halnya jika anda memilih menggunakan atap dari asbes atau seng maka ketinggian atap wajib anda perhatikan karena kedua bahan ini mudah sekali menyerap panas sehingga bisa mengakibatkan suhu didalam kandang menjadi cepat panas dan sapi menjadi tidak nyaman.

Pemilihan tiang penyangga atap juga wajib diperhatikan. Pilihlah tiang penyangga atap yang kuat, jika dari kayu pilih kayu yang tidak mudah lapuk agar sapi lebih aman dari kemungkinan kejatuhan atap kandang akibat tiang yang lapuk. Bisa juga anda menggunakan pisa besi dengan diisi cor pada bagian dalamnya.

Jadi pada prinsipnya penggunaan penutup atap seng, asbes maupun genteng semua bisa dipergunakan untuk atap kandang sapi. Yang perlu diperhatikan adalah konstruksi tiang penyangga atap terutama dalam hal ketinggian dan kekuatannya. Perlu dicatat bahwa genteng akan lebih berat daripada seng sehingga tiang penyangga atap juga harus lebih kuat. Tinggi atap sebaiknya tidak kurang dari 3 meter, perhatikan bahan penutup atap yang dipilih. Kemiringan atap sebaiknya sekitar 30 derajat agar sirkulasi udara juga bisa berjalan dengan baik.

Tips Saat Membuat Atap Kandang Sapi
  • Pemilihan bahan penutup atap bisa dari genteng, seng, asbes, janur, atap rumbia dll
  • Perhatikan juga segi ekonomis bahan atap yang dipilih disamping itu juga segi kekuatan bahan dan kenyaman untuk sapi.
  • Perhatikan kekuatan tiang penyangga atap disesuaikan dengan berat bahan penutup atap
  • Perhatikan ketinggian atap, sebaiknya tidak kurang dari 3 meter
  • Kemiringan atap sekitar 30 derajat
  • Semakin mudah menyerap panas bahan atap yang dipilih sebaiknya tinggi atap semakin ditambah
Semoga bermanfaat.

loading...
Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 19:54:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.