Sapi Anda Stress? Ini Penyebab dan Cara Mengatasi dan Mencegahnya!

Posted by

Waspadai Sapi yang Tiba-tiba Loyo atau Bahkan Beringas/Marah/Ngamuk, Ini adalah Tanda-Tanda Sapi Mengalami Stress.

Banyak penyebab sapi stress sehingga untuk mengatasi/mengobati dan mencegahnya kita harus terlebih dahulu mengetahui penyebab stress seekor sapi.

Secara umum sapi akan mengalami stress saat dipindahkan dari tempat atau kandang yang lama menuju kandang yang baru yang jaraknya jauh dan harus menggunakan kendaraan/truk untuk pemindahannya. Ini yang disebut stress akibat pengangkutan.


Kadang sapi juga tiba-tiba tidak mau makan dan temperamennya berubah galak dan sering seperti mau menyerang jika didekati, tetapi kadang terlihat loyo dan tidak mau makan. Kemungkinan besar sapi ini mengalami stress akibat pakan yang tidak dia sukai.

Berikut beberapa Penyebab Stress pada Sapi dan Cara Mengatasinya

Stress Akibat Pengangkutan
Sapi yang akan dijual ke pasar atau dikirim ke RPH atau dipindahkan ke kandang lain yang jauh tentunya akan mengalami stres di perjalanan. Untuk mengatasi dan  mencegah stress ini caranya adalah sebelum berangkat berikan cairan elektrolit yang diminumkan pada sapi yang akan dijual. Sedangkan untuk sapi yang akan dipindahkandangkan dalam jarak yang jauh sampai ratusan km dari lokasi kandang sebelumnya maka setelah dikasih elektrolit sebaiknya juga disuntik dengan vitamiin B kompleks dan bisa juga disuntuik biosalamin saat sapi tersebut tiba dilokasi.

Stress Akibat Pakan
Sapi yang tiba-tiba tidak mau makan belum tentu sakit, bisa juga dikarenakan sapi tersebut tidak menyukai pakan yang diberikan mungkin karena baunya busuk dll. Cara mengatasi sapi stress akibat pakan adalah bersihkan semua pakan yang terlanjur diberikan dan berikan sapi pakan hijauan full tanpa konsentrat untuk merangsang agar sapi kembali berselera makan dan stressnya hilang. Periksa pakan yang tidak disukai sapi apakah karena baunya atau yang lainnya.


Stress Karena Mental Sapi Yang Lemah
Ada beberapa sapi yang karena terbiasa dipelihara sendirian menjadi stress saat dicampur dengan sapi-sapi lain. Hal ini dikarenakan sapi tersebut memiliki mental yang lemah sehingga ketakutan saat bersama koloni sapi yang banyak. Stress sapi ini biasanya ditandai dengan tidak mau makan saat dicampur dengan sapi lain. Solusinya adalah pisahkan sapi tersebut dengan sapi lain atau berikan jarak yang agak jauh saat sapi diikat bersama dengan yang lain.

 
Stress Akibat Cuaca dan Kandang Yang Kurang Nyaman
Sapi mudah sekali stress jika terkena cuaca panas yang tinggi. Ciri stress akibat cuaca panas ini biasanya nafas sapi menjadi cepat/ngos-ngosan, sapi terlihat gelisah. Stress panas bisa dipicu karena kandang yang kurang  nyaman seperti atap yang kurang tinggi sehingga saat cuaca panas didalam kandang juga terasa pengap dan panas. Kandang yang pengap juga mengundang lalat dan nyamuk menjadi semakin banyak. Banyaknya lalat dan nyamuk bisa mengakibatkan sapi menjadi stress disamping juga bisa menyebabkan penyakit. Cara mengatasinya dengan mengatur ulang konstruksi kandang agar nyaman, aliran udara landar dan bisa mencegah panas matahari yang menyengat. Jika perlu dalam kandang bisa dibantu dengan kipas angin besar untuk memperlancar aliran udara dan mendinginkan suhu saat cuaca benar-benar panas.

Saat cuaca sangat panas lebih baik campurkan elektrolit pada air minum sapi dan juga perbanyak pemberian pakan yang berupa hijakan makanan ternak. Jika sapi berada pada kandang koloni yang dilepas maka perhatikan kepadatan populasi dalam kandang, usahakan saat musim kemarau dan cuaca panas kepadatan kandang dikurangi.


Sapi Stress Karena Bertarung
Stress sapi semacam ini banyak terjadi dikandang kelompok dimana sapi dilepas tanpa ikatan. Cara mengatasinya bisa dengan memisahkan sapi yang paling galak dalam kandang dan diikat pada kandang individu atau mengambil sapi yang stress akibat kalah tarung dan diikat pada kandang individu untuk di treatment. Tergantung mana yang lebih mudah dilakukan.




Stress Akibat Tali Tongar / Keluh Terlalu Kencang
Stress akibat tali ini kadang lengah dari perhatian peternak. Kadang tali tongar sapi sampai menekan ke hidung bahkan sampai berdarah karena terlalu kencang saat mengikatnya. Jika dibiarkan bisa mengakibatkan sapi jadi malas makan dan pertumbuhan sapi yang terganggu. Cara mengatasinya sederhana saja yaitu longgarkan tali keluh sampai sapi merasa nyaman.

Demikian beberapa penyebab stress pada sapi dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 19:02:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.