Sapi Sahiwal, Sapi Unggul Penghasil Susu Tertinggi di India

Posted by

Jenis Ternak Sapi Perah Unggul Asal India, Sapi Sahiwal

India dikenal memiliki jumlah sapi yang terbesar didunia dan hal ini juga didukung sebagian masyarakat India yang tidak mengonsumsi daging sehingga populasi sapi di India terjaga dan berkembang terus. Banyaknya masyarakat yang tidak memakan daging di India mengakibatkan harga daging sapi di India juga murah sekali. Berlimpahnya daging di India membuat negara ini gencar untuk meloloskan dagingnya bisa diekspor ke Indonesia secara legal.



Disamping jumlah sapi potongnya yang tinggi, India juga memiliki jenis sapi perah berkualitas yaitu jenis sapi Sahiwal. Sapi Sahiwal adalah sapi perah terbaik di India dan diduga sapi ini merupakan sapi perah asli asal daerah tropis yang terbaik di dunia.

Ciri-ciri Khas Sapi Sahiwal

Warna dan Bobot Sapi. Sapi Sahiwal mempunyai warna kelabu kemerah-merahan atau kebanyakan merah warna sawo atau coklat. Sapi betina bobot badannya mencapai 450 kg, sedangkan yang jantan 500 - 600 kg.

Keunggulan Sapi Sahiwal

Daya adaptasi terhadap iklim panas bagus. Sapi ini tahan hidup di daerah asalnya dan dapat berkembang di daerah-daerah yang curah hujannya tidak begitu tinggi.

Produksi Susu Sapi Sahiwal
 
Sapi Sahiwal merupakan sapi perah berasal dari daerah tropis yang produksi susunya paling tinggi yaitu antara 2.500 – 3.000 kg per tahun dengan kadar lemak 4 – 5 %. Menurut Ware (1941) berdasarkan catatan yang ada, sapi Sahiwal yang terbaik dari 289 ekor dapat memproduksi antara 6.000 – 13.000 pound (2.722 – 5.897 liter) dengan kadar lemak 3,7 %.

Daerah Asal Sapi Sahiwal

Sapi Sahiwal berasal dari daerah Punyab, distrik Montgomery, Pakistan, daerah antara 29o5’ – 30o2’ LU. Daerah tersebut pada musim panas, panasnya sangat hebat rata-rata 107,8oF (42,1oC) dan maksimum mencapai 118 oF (47,8oC), pada musim dingin temperatur udara dapat terus turun sampai 41,7 oF (5,4 oC), dan curah hujan 11 inchi (27,9 cm).

loading...
Loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 00:21:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.