Daun Salam Bukan Sekedar Rempah Tetapi Juga Obat

Posted by

Manfaat Hebat DAUN SALAM : Syzygium polyanyhum W.

Daun Salam. Semua sudah kenal dengan tanaman yang satu ini. Terutama ibu-ibu yang suka sekali masak sayur bersantan, dengan menggunakan rempah daun salam, agar masakan semakin harum dan lezat.

Salam kaya akan kandungan minyak asiri, sitrat, eugenol, tanin dan flafanoid yang cukup tinggi. Sehingga salam bisa di gunakan sebagai alternstif herbal untuk pengobatan keluhan sebagai berikut :

Beberapa resep ramuan daun salam untuk obat herbal alami beberapa penyakit:

1. Diare
Rebus 7 daun salam, dengan 2 gelas air. Hingga 1 gelas. Saring. Taruh gelas. Tambahkan garam 1/3 sendok teh. Aduk. Dingin. Minum.

2. Kencing manis
Ambil 11 daun salam dan 1 genggam daun ciplukan.  Rebus dengan 3 gelas air, hingga  sisa 1 gelas. Dan jika sudah dingin, saring.
Minum 2 kali, pagi dan sore, masing-masing 1/2 gelas.

3. Gatal di kulit.
Tumbuk daun salam dan sambiloto secukupnya, sesuai banyaknya keluhan kulit, hingga halus seperti pasta. Lalu tambahkan minyak VCO, oleskan merata.

4. Maag
Rebus 17 daun  salam dengan 3 jempol gula merah,  dengan 3 gelas air hingga mendidih, matikan api, Biarkan hingga dingin. Saring, minum 3 kali 1 gelas.

5. Keracunan juga mabuk alkohol
Ambil 1 genggam buah salam yang sudah matang. Tumbuk hingga halus, lalu tambahkan air 1 gelas, aduk, saring dan minum sekaligus habis.

Salam memiliki farmakologis  diantaranya :  minyak asiri, sitrat, eugenol, tanin, flafanoid. Yang memiliki rasa kelat, wangi, astrigen, dan melancarkan sirkulasi darah.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 05:19:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.