Jangan Biarkan Hp dan Gadget Jadi Sahabat Anak Anda

Posted by

Abad millenium, sebutan yang sering digunakan pada abad digital dan instan saat ini. Saat arus informasi datang dan pergi seperti banjir bandang dan air bah kita akan kewalahan menyortir mana info yang benar dan bermanfaat dan mana info hoax yang menyesatkan.

Benar kata orang bijak saat kita mendapatkan informasi jangan latah main share dan bagi bagi tanpa tahu betul kebenaran info tersebut. Menyebarkan info palsu dan bohong jika menyangkut nama baik seseorang bisa menjadi fitnah. Inilah bahayanya kita menyebarkan fitnah dan keburukan kemana mana tanpa kita menyadarinya sementara kita tahu bahwa apapun alasannya fitnah itu lebih kejam daripada pembunuhan.

Derasnya informasi tidak terlepas dari mudahnya dan murahnya mendapatkan alat komunikasi  canggih yang dikenal dengan hp android, smartphone, iphone  tablet dan lain lainnya. Sebagai orang dewasa bahkan orang tua mungkin kita masih menang setingkat dalam menyaring informasi dibandingkan dengan anak anak kita.

Awasi dan Dampingi Anak Kita Saat Memainkan Hp

Hp android canggih dan murah seperti sudah menjadi mainan wajib anak-anak. Mudahnya mengakses video youtube dan semacamnya sangat berisiko bagi anak kita jika tanpa protek dan pendampingan orang tua.

Pernahkah kita cermati saat kita mencari video tertentu di youtube dengan kata kunci anak anak sering nongol video dewasa yang tidak layak? Perlu diingat bahwa youtube adalah buatan barat dimana batasan video yang tergolong pornografi sangatlah longgar. Sebaiknya akses video youtube diandroid anak disetting terbatas sehingga bisa menyaring tayangan yang tidak pantas meskipun tidak mungkin bisa 100% tersaring. Cara terbaik adalah dampingi anak kita saat akses youtube sekalian sebagai cara kita semakin akrab dan perhatian dengan anak anak kita.

Ada baiknya anda juga bisa akses sosmed anak yang secara berkala anda intip dan cermati. Jangan pernah kita lupakan berapa banyak kejadian tragis gara gara kenalan dengan orang asing di sosmed? Inilah pentingnya peran orang tua.

Jangan pernah menjadikan hp android dan gadget apapun jadi sahabat setia anak. Andalah yang berhak dan wajib menjadi sahabat terbaik anak anda bukan hp dengan sosmednya.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 04:34:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.