Lorjuk Goreng dan Rengginang Lorjuk Camilan Khas Madura

Posted by

Camilan khas Madura yang rasanya bisa bikin ketagihan, Lorjuk goreng dan rengginang lorjuk.

Kata lorjuk mungkin terdengar asing bagi orang yang hidup diluar Jawa Timur terutama diluar pulau Madura. Lorjuk adalah salah satu jenis kerang laut kecil. Lorjuk juga merupakan sebutan khas masyarakat Madura terhadap jenis kerang bambu ini.

Lorjuk banyak diolah menjadi aneka makanan atau  camilan. Jika anda berkunjung ke pulau Madura maka anda akan dengan mudah menemukan bermacam olahan kerang bambu ini mulai dari kerupuk lorjuk, rengginang lorjuk hingga kacang lorjuk sampai lorjuk goreng.

Dan kebetulan saat penulis ke sumenep madura sempat membeli oleh oleh lorjuk ini yaitu lorjuk goreng dan rengginang lorjuk yang rasanya gurih dan jika sudah memakannya dijamin susah berhenti. Lorjuk goreng harganya cukup mahal kemasan 150 gr harganya sekitar Rp 30.000,00.

Lorjuk atau kerang bambu ini memang banyak terdapat di sepanjang pesisir pantai madura. Para pemburu atau pencari lorjuk biasa menangkap kerang bambu ini saat pantai surut sehingga mereka mudah mengumpulkan lorjuk yang terjebak dipasir. Kegiatan menangkap lorjuk biasanya dilakukan pada pagi dan sore hari memanfaatkan pasang surut air laut.

Anda tertarik dengan camilan khas madura ini? Jika kebetulan anda berkunjung ke sumenep anda bisa mendapatkan atau membeli camilan lorjuk ini di toko oleh oleh sepanjang jalan Trunojoyo atau kalau mau bisa langsung beli ke pasar tradisional sumenep yang tentunya dalam hal harga bisa lebih murah jika pandai menawarnya.

loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 20:04:00

0 komentar:

Powered by Blogger.