Alasan Medis Mengapa Sayur Bayam Harus Segera Dimakan Setelah Dipetik dan Diolah

Posted by

Anda tentu kenal dengan sayur yang satu ini, bayam. Sayuran yang sangat disukai tokoh kartun popeye ini memang menyehatkan dan kaya kandungan zat besi.

Ada jenis sayur tertentu yang setelah dimasak sebaiknya didiamkan sampai berjam jam bahkan sampai seharian dan kemudian dipanaskan lagi. Dengan cara ini rasa sayur tersebut menjadi lebih nikmat contohnya saja gudeg jogja dan sayur tewel. Ada juga masakan yang makin lama makin lezat rasanya yaitu masakan khas padang yang bernama rendang.

Namun untuk sayur bayam tidak demikian. Setelah dipetik ternyata sayur bayam sebaiknya langsung diolah menjadi masakan. Setelah jadi masakan maka sayur bayam ini juga harus segera dikonsumsi sampai habis. Sangat tidak dianjurkan menyimpan sayur bayam untuk kemudian dipanaskan lagi. Mengapa demikian? Adakah efek samping dan bahaya sayur bayam jika tidak langsung disantap dan dipanaskan ulang?

Inilah alasan medis mengapa sayur bayam setelah dipetik langsung diolah dan dikonsumsi. Ternyata sayur bayam mengandung nitrat yang bisa berubah menjadi nitrit yang jika masuk dalam tubuh dan berikatan dengan zat besi akan bersifat racun. Mereka akan membentuk hemoglobin yang tidak mampu mengikat oksigen dan bisa menyebabkan tubuh kekurangan oksigen. Proses ini juga bisa terjadi jika sayur bayam dipanaskan ulang. Bisa juga terjadi akibat sayur bayam disimpan lama setelah dipetik dan tidak langsung diolah untuk dikonsumsi.

Sayur bayam yang tidak langsung dimasak setelah dipetik dan dibiarkan lama maka zat besi dalam bayam akan bereaksi dengan udara dan berubah menjadi senyawa ferro yang beracun.

Apa tanda sayur bayam sudah tidak layak konsumsi? Ada satu tanda khas yaitu jika warna sayur bayam yang awalnya hijau sudah berubah menjadi hitam maka sayut bayam tersebut sudah tidak layak dikonsumsi dan sebaiknya dibuang saja.

Berapa lama proses oksidasi dan reduksi pada bayam yang bisa membahayakan kesehatan? Sebenarnya belum ada patokan resmi lamanya bayam akan teroksidasi tetapi biasanya sayur bayam setelah dimasak dan tidak langsung dimakan setelah 5 jam atau 4 jam warnanya akan berubah hitam dan tentunya tidak layak makan.

Jadi konsumsilah sayur bayam segar yang baru dipetik, segera dimasak dan dimakan hingga bisa menyehatkan badan dan tidak menjadi racun bagi tubuh. Semoga bermanfaat.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 06:51:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.