Arti Feeding Time dan Manfaatnya Dalam Usaha Penggemukan Sapi Potong

Posted by

Apa Itu Feeding Time? 

Pakan ternak baik berupa konsentrat maupun hijauan adalah komponen vital untuk keberhasilan usaha peternakan sapi. Terkait dengan masalah pakan sapi, umumnya peternak lebih sering memikirkan mengenai jenis pakan, jumlah pakan, kandungan gizi dan tentunya harga pakan. Ada satu hal yang sering terlewati oleh peternak tradisional yang meskipun hal ini mungkin sudah mereka lakukan secara tidak sadar yaitu saat atau waktu pemberian pakan.


Feeding time atau waktu pemberian pakan adalah istilah yang lazim digunakan dalam penggemukan sapi komersial untuk menunjukkan waktu pemberian pakan dan berapa kali pakan diberikan salam 1 hari. Feeding time pada perusahaan penggemukan atau feedlotter umumnya dilakukan 2 kali yaitu pada pagi dan siang menjelang sore.

Pemberian pakan yang teratur dengan adanya feeding time ini bukan tanpa alasan. Beberapa manfaat bisa diperoleh dengan penerapan feeding time yang teratur dan disiplin. Apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari pemberian pakan sapi secara teratur sesuai feeding time? Berikut beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dengan adanya feeding time yang dilakukan secara disiplin:
  • Sapi akan terbiasa dengan jam makan yang teratur sehingga saat tiba waktu makan mereka akan berkumpul dengan sendirinya disekitar bak pakan atau feed bunk.
  • Jatah pakan tiap ekor sapi akan mudah dikontrol karena sapi makan dalam waktu yang bersamaan sehingga tidak ada sapi yang hanya mendapatkan sisa pakan atau waste feed dari yang lain.
  • Sapi mendapatkan nutrisi pakan yang sama antara satu sapi dengan yang lainnya karena waktu makan yang bersamaan tidak ada kesempatan sapi untuk memilih bahan baku pakan yang disukainya saja yang biasanya terjadi jika mixing pakan tidak homogen.
  • Mudah untuk mengontrol feed intake apakah konsumsi perharinya naik atau turun sehingga bisa mudah menentukan perlunya ditambah atau dikurangi jumlah pakan untuk hari berikutnya sehingga tidak banyak pakan tersisa atau tidak sampai terjadi sapi kekurangan pakan.
  • Sapi mempunyai waktu yang teratur untuk memamah biak sehingga penyerapan nutrisi pakan dan pencernaan bisa lebih efisien.

Feeding time memang penting diterapkan saaat pemberian pakan sapi baik konsentrat maupun hijauan. Hal ini tidak berlaku untuk pemberian air minum karena cara memberikan air minum yang terbaik untuk sapi adalah adlibitum atau selalu tersedia setiap saat sepanjang hari.

Contoh penerapan feeding time:
  • Pagi hari mulai jam 06.00, pemberian pakan sebanyak 30% - 35% dari jumlah total pakan yang diberikan dalam satu hari
  • Siang hari mulai jam 13.00 atau jam 14.00 wib, pemberian pakan sebanyak 65%-70% dari total pakan sapi sehari.
Mengapa pemberian pakan sapi pada pagi hari lebih sedikit daripada sore hari? Hal ini dimaksudkan untuk menyesuaikan dengan panjangnya waktu makan ternak sapi tersebut. Waktu makan pagi lebih pendek daripada waktu makan siang yang bisa berlangsung hingga malam hari.

Semoga bermanfaat, silahkan bagikan/share kemana saja jika berkenan.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 19:58:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.