Berapa Lama Daftar Tunggu Haji Terbaru?

Posted by

Antusiasme calon jamaah haji di Indonesia memang fenomenal. Dengan jumlah umat Islam terbesar didunia maka pendaftar haji juga sangat banyak.

Daftar tunggu calon haji di negara kita semakin tahun semakin bertambah lama. Bahkan jika saat ini anda mendaftar haji maka anda bisa berangkat 20 tahun kemudian. Daftar tunggu calon haji yang semakin panjang antreannya ini semakin parah dengan adanya pengurangan kuota haji dari Arab Saudi hingga 20 tahun yang salah satunys karena sedang dilakukannya pembangunan perluasan Masjidil Haram agar bisa menampung lebih banyak jamaah haji.

Untuk daerah tertentu daftar tunggu haji sudah lebih 20 tahun seperti di Gresik dan Jember. Didaerah lain masih ada yang bisa kurang dari dua puluh tahun.

Coba kita simak data berikut. Di DI Yogyakarta, berdasarkan data Kanwil Kemenag setempat, hingga Maret 2016, jumlah daftar tunggu calon jamaah haji mencapai 154 ribu orang. Berapa lama mereka mesti menunggu untuk bisa berhaji? Tujuh belas tahun!

Dengan daftar tunggu yang hingga 17 tahun, itu berarti warga Yogyakarta yang pada Maret ini sudah mendaftar, tapi baru berangkat ke Tanah Suci pada 2035.

Di Banten, jumlah jamaah yang sudah mendapatkan nomor porsi pendaftaran haji mencapai 122.684 orang per awal Januari 2016. Itu artinya, calon jamaah haji akan berangkat ke Tanah Suci 18 tahun lagi atau pada 2034.

Lihat pula data di Jember, Jawa Timur. Calon jamaah haji di sana mesti menunggu 23 tahun untuk bisa berhaji. Baru pada 2039, calon jamaah haji yang mendaftar pada Februari 2016 bisa menunaikan rukun Islam kelima tersebut.

Secara nasional, Kemenag mencatat terdapat tiga juta orang yang sedang mengantre berhaji. Dengan tak adanya penambahan kuota jamaah haji pada 2016--Pemerintah Arab Saudi masih menetapkan pemangkasan kuota jamaah haji 20 persen dari kuota normal sehingga sama dengan tahun sebelumnya, yakni 168.800 orang--maka waktu antrean makin panjang. Terlama adalah 37 tahun.

Haji sebagai salah satu ibadah yang diwajibkan bagi umat Islam yang mampu. Mampu dari segi finansial untuk biaya perjalanan haji hingga balik dari tanah suci. Mampu secara kesehatan lahir dan batin karena haji disamping ibadah ruhani juga ibadah fisik dari mulai pemberangkatan hingga pelaksanaan rukun haji di tanah suci.

Dengan daftar tunggu haji yang demikian panjang dan lama sepertinya kita memang harus super sabar untuk bisa memenuhi panggilan Allah ini. Alternatif  terbaik jika anda masuk daftar tunggu hingga 20 tahun ke depan adalah ibadah Umrah. Dengan umrah yang waktunya lebih fleksibel maka minimal kita sudah bisa merasakan nikmatnya ibadah di tanah suci, Makkah dan Madinah, Shalat di Masjid Nabawi dan bermunajat di Masjidil Haram.

Ya Allah hamba mohon dengan segenap jiwa raga hamba yang hina ini, mudahkanlah dan wujudkanlah niat kami untuk bisa melaksanakan haji dan umrah memenuhi panggilan Mu...Aamiin ya Robbal 'aalamiin.

Allahu a'lam.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 20:15:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.