Inilah Kata Peribahasa Tentang Sifat Jelek Manusia

Posted by

Peribahasa banyak digunakan untuk menyatakan dan menggambarkan sifat manusia baik sifat yang baik maupun sifat yang buruk. Berikut ini contoh contoh peribahasa yang menggambarkan sifat jelek atau buruk seseorang.

Air Susu Dibalas Dengan Air Tuba, menggambarkan sifat jelek seseorang yang membalas kebaikan orang lain dengan keburukan.

Srigala Berbulu Domba, menggambarkan sifat jelek orang yang selalu berpura-pura baik padahal hatinya busuk atau punya niat busuk.

Kuman Diseberang lautan jelas kelihatan tetapi gajah dipelupuk mata tidak kelihatan, menggambarkan sifat orang yang mudah menyalahkan orang dan senang mencari kesalahan orang sementara kesalahan sendiri yang seabreg tidak pernah disadari.

Menggunting Dalam Lipatan, menggambarkan sifat jelek orang yang suka mengkhianati temannya.

Lempar Batu Sembunyi Tangan, menggambarkan sifat jelek seseorang yang mencari keuntungan dengan memanfaatkan orang lain dan bisa juga berarti orang yang berbuat jahat tetapi tidak mau mengakuinya dan menyalahkan orang lain.

Buruk Muka Cermin Dibelah, menggambarkan sifat jelek orang yang hobynya menyalahkan orang lain.

Gara-gara Nila Setitik Rusak Susu Sebelanga, ini juga bisa menggambarkan sifat jelek seorang anggota kelompok yang membuat semua anggota kelompok tersebut dicap jelek semua. Bisa juga untuk menggambarkan sifat jelek manusia yang mudah melupakan kebaikan orang lain meskipun orang tersebut banyak berbuat kebaikan padanya tetapi gara gara sekali berbuat salah semua nilai kebaikan orang tersebut terlupakan.

Arti peribahasa tersebut diatas mungkin bisa berbeda dengan panduan pelajaran bahasa Indonesia. Jika dirasa salah silahkan koreksi di kolom komentar.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 03:36:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.