Terorisme dan Bom Bunuh Diri Bukan Ajaran Islam

Posted by

Orang Islam Bukan Teroris

Stigma teroris yang sering dlsematkan pada seorang muslim adalah tindakan gegabah dan merendahkan ajaran Islam. Islam adalah agama yang mengajarkan hidup harmonis baik dengan sesama muslim maupun dengan kaum agama lain selama mereka memegang perjanjian damai dan tidak mengganggu muslim. Bahkan non muslim yang memiliki perhanjian damai dan tidak mengganggu berhak untuk dilindungi hak haknya.

Teroris bukan ajaran Islam. Teror bisa dilakukan oleh siapa saja. Islam tidak pernah mengajarkan terorisme maupun bom bunuh diri apalagi di negara damai yang tidak ada konflik.

Sesungguhnya, Islam adalah agama yang mengajarkan kedamaian dan pelestarian kehidupan. Karena itu, Islam melarang menusia untuk saling membunuh dan berperang tanpa alasan yang dibenarkan agama. Bahkan, Allah menyebut orang yang berani membunuh orang lain tanpa alasan yang dibenarkan sebagai bentuk pembunuhan terhadap semua manusia. Allah berfirman,

أَنَّهُ مَن قَتَلَ نَفْساً بِغَيْرِ نَفْسٍ أَوْ فَسَادٍ فِي الأَرْضِ فَكَأَنَّمَا قَتَلَ النَّاسَ جَمِيعاً

“Bahwasanya barang siapa yang membunuh jiwa, bukan karena qishash atau berbuat kerusakan di muka bumi, seolah-olah dia membunuh seluruh manusia.” (Q.S. Al-Maidah:32)

Di antara bentuk pembunuhan yang terlarang adalah membunuh orang kafir yang mengikat perjanjian damai dengan kaum muslimin, tanpa alasan yang dibenarkan. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa yang membunuh orang kafir mu’ahad maka dia tidak akan mencium bau surga.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

Yang dimaksud kafir “mu’ahad” adalah ‘orang kafir yang mengikat perjanjian damai dengan kaum muslimin’. Karena itu, terorisme adalah tindakan yang bertolak belakang dengan Alquran dan Sunah.

Hukum Orang Yang Melakukan Bom Bunuh Diri

Orang yang melakukan bom bunuh diri tidak bisa dikatakan sebagai orang yang mati syahid, karena batasan mati syahid di medan jihad adalah mati karena dibunuh oleh musuhnya, orang kafir.

Di samping itu, dalam sejarah perjuangan Islam, tidak tercatat ada shahabat yang melakukan bunuh diri untuk menghancurkan musuh. Bahkan, yang ada adalah kisah orang yang bunuh diri di medan perang, yang divonis masuk neraka oleh Nabishallallahu ‘alaihi wa sallam, sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Bukhari.

Demikianlah tidak ada sedikitpun ajaran Islam yang menganjurkan pemeluknya untuk menjadi teroris dan melakukan bom bunuh diri.

Allahu a'lam.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 06:02:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.