Mengapa Hijauan Perlu Dicacah (Chopper) Sebelum Diberikan Sebagai Pakan Ternak Sapi?

Posted by

Ternak sapi adalah hewan herbivora yang secara alami akan menyukai hijauan sebagai pakan utamanya. Jika kita melihat pola pemeliharaan sapi seperti di Australia, Afrika dan Amerika banyak yang mengandalkan padang penggembalaan sebagai pendukung utama peternakannya. Artinya para peternak disana mengandalkan hijauan sebagai pakan utams ternaknya terutama untuk industri breeding. Hal ini dimaksudkan untuk menekan biaya pakan semurah mungkin agar pedet bakalan yang diproduksi bisa kompetitif dalam masalah harga. Disamping itu hijauan tidak membuat induk sapi menjadi kegemukkan yang bisa menyebabkan susah bunting.

Pemberian hijauan untuk ternak sapi yang dipelihara untuk penggemukkan ternyata memerlukan sedikit trik agar lebih efisien dan tidak banyak terbuang. Cara yang bisa digunakan adalah dengan mencacah atau chopping hijauan sebelum diberikan pada ternak sapi. Hijauan jenis rumput lapangan mungkin tidak perlu dichopper karena ukurannya yang pendek dan tidak ada batang kerasnya. Jenis hijauan yang sebaiknya dicacah sebelum diberikan pada sapi antara lain:

Rumput gajah
Rumput raja
Rumput odot
Tebon jagung
Jerami padi
Sorghum
Dll

Serta jenis rumput lainnya yang berbatang keras atau agak keras. Jerami perlu dichopper karena ukurannya yang panjang sehingga sering banyak yang terbuang dikandang saat dimakan sapi.

Beberapa keuntungan jika pakan hijauan dicacah dulu sebelum digunakan antara lain:

Sedikit hijauan yang terbuang karena ternak sapi tidak bisa memilih yang disukainya saja seperti hanya memakan daunnya saja atau pucuk hijauannya saja.

Membantu proses pencernaan pada sapi.

Jika dicampurkan pada konsentrat maka hijauan cacah akan lebih mudah tercampur sehingga pakan lebih homogen.

Hijauan yang dicacah akan berkurang kadar airnya dan juga akan sedikit layu yang bermanfaat untuk mencegah bloat atau kembung pada ternak sapi.

Hijauan yang dicacah bisa disimpan dengan dibuat silase agar umur pemakaiannya bisa lebih lama.

Semua bagian rumput atau hijauan akan terpakai semua dan dimakan sapi sehingga bisa mengurangi waste feed atau pakan sisa.

Bonus tips. Tips lain agar hijauan bisa berproduksi secara baik adalah cara memotong rumput saat panen. Contohnya untuk rumput odot harus dipotong habis sampai pangkal batang agar tumbuhnya bisa rimbun dan subur lagi.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 05:23:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.