Bagaimana Cara Menghitung dan Mengukur Kapasitas Kandang Sapi Yang Ideal?

Posted by

Membangun kandang sapi tentunya perlu memperhatikan kenyamanan ternak sapi yang akan menghuni kandang tersebut. Selain konstruksi kandang yang bagus, sanitasi dan aliran udara yang lancar, kemiringan kandang yang pas dan kekuatan kandang yang terjamin masih ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan oleh peternak yaitu kapasitas kandang.



Berikut ini ada cara mudah menentukan kapasitas kandang ideal dan luasan standar untuk satu ekor sapi sehingga kita tinggal mengalikan kebutuhan luasan kandang 1 ekor sapi tersebut dengan jumlah ternak sapi yang akan dipelihara.

Cara Menghitung Kapasitas Kandang Sapi Ideal Untuk Kandang Koloni Sapi Lepas

Kandang koloni memiliki keuntungan bisa menghemat lahan karena satu kandang bisa diisi lebih banyak sapi daripada dengan menggunakan sistem kandang ikat. Untuk kandang koloni kebutuhan ideal luasan kandang untuk 1 ekor sapi adalah 4 m persegi. Artinya jika kita memiliki kandang dengan luas 100 meter persegi kita bisa isi sapi sampai 25 ekor dalam 1 kandang. Tetapi perlu diingat kapasitas ini juga tergantung dari ukuran sapinya. Jika sapi yang akan dilepas besar-besar misalnya sampai 500 - 600 kg per ekor maka disarankan untuk maksimal jumlah sapi dalam 1 kandang tidak lebih dari 20 ekor. Sebaliknya jika ukuran sapinya masih kecil-kecil sekitar 200 - 300 kg maka bisa dilepaskan sampai 30 ekor dalam 1 kandang dan bisa dikurangi saat sapi tumbuh besar.

Ukuran Standar Kapasitas Untuk Kandang Ikat

Standar ukuran luasan untuk kandang ikat lebih simple tergantung dengan ukuran sapi sehingga kita bisa memisahkan kandang menjadi kandang pedet atau kandang sapi dewasa. Untuk sapi dewasa ukuran minimal kandang ikat tiap 1 ekor sapi adalah 1,5 m X 2,5 m sedangkan untuk pedet adalah 1,5 m X 1 m. Perlu diperhatikan juga breed sapi, untuk bangsa sapi kecil seperti sapi kupang/NTT yang berbadan kecil atau sapi Madura tentunya ukuran kandang per ekor sapinya bisa lebih sempit lagi. Demikian juga jika kita ingin memelihara sapi hingga berat diatas 1 ton tentunya luasan kandang juga wajib disesuaikan lagi agar sapi merasa nyaman.

Semoga bermanfaat.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 21:29:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.