Bagian Daging Kepala Sapi Yang Sering Dimanfaatkan

Posted by

Sapi potong adalah ternak penghasil daging, kulit, tulang dan jerohan. Bagian-bagian daging pada tubuh sapi potong sudah sangat lazim dikenali seperti sirloin, tenderloin, cubroll, knucle, rib dll. Kulit juga pasti sudah banyak yang tahu kulit sapi seperti apa. Tulang sapi juga biasa dimanfaatkan untuk pabrik keramik dan juga dibuat tepung tulang.

Kaki sapi atau kikil juga sudah banyak dikenal orang. Jika anda masuk dan makan dirumah makan padang maka anda akan bertemu dengan menu spesial kikil sapi ini. Masakan kikil sapi di restoran padang memang banyak penggemarnya.

Ada satu bagian dari seekor sapi potong yang orang kurang memperhatikan yaitu bagian kepala sapi. Kepala sapi adalah bagian daging kepala yang jumlahnya juga sedikit sekali. Tetapi ada bagian dari kepala seekor sapi yang sangat disukai sebagian orang. Apa saja bagian kepala sapi yang bisa dimanfaatkan dan dikonsumsi?

Berikut bagian yang tersembunyi pada kepala sapi yang bisa dikonsumsi:
  • Otak, tersembunyi dalam tengkorak kepala sapi
  • Lidah, terdapat dalam rongga mulut sapi
  • Cingur, bagian hidung sapi
  • Bibir sapi, bagian mulut depan dari kepala sapi

Ternyata bagian-bagian kepala sapi tersebut jika dijual secara terpisah dan diolah sebagai masakan memiliki nilai tambah yang tidak sedikit dan termasuk jenis kuliner yang diminati masyarakat.

Pemanfaatan bagian-bagian kepala sapi:

Otak Sapi
  • Otak, bisa dibuat masakan gulai otak atau diolah menjadi otak goreng. Hati-hati jangan berlebihan mengonsumsinya karena kandungan kolesterolnya yang tinggi.
  • Lidah, gulai lidah dan juga lidah goreng bisa menjadi masakan alternatif yang lezat. Lidah juga bisa dicampurkan dalam masakan oseng-oseng pedas yang pastinya menggugah selera.
  • Cingur dan bibir sapi apa manfaatnya? Anda yang orang Jawa Timur tentu tahu yang namanya rujak cingur. Nah bibir dan hidung sapi inilah salah satu bahan utamanya. Mengenai rasanya jangan ditanya, bisa bikin ketagihan. 

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 02:54:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.