Cara Mengobati Asam Urat Dengan Tanaman Suruhan

Posted by

Kekayaan herbal Indonesia sudah terkenal hingga manca negara. Banyak tanaman liar yang sebelumnya tidak diketahui khasiatnya untuk apa sekarang sudah banyak yang dimanfaatkan oleh tenaga medis alternatif untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Bahkan beberapa jenis tanaman itu adalah tanaman liar yang sering kita jumlai tumbuh dimana-mana dan bahkan kita buang dan cabut karena mengganggu tanaman lain yang memang sengaja kita tanam. Salah satu jenis tanaman liar yang ada dimana-mana dan ternyata memiliki khasiat untuk pengobatan adalah tanaman Suruhan.
Suruhan ini cukup mudah dikenali, tinggi sekitar 10-15 cm dan bisa mencapai 30 cm, batang lunak berair mengkilat, daun mirip daun sirip lunak dan mengkilap juga.  Pada ujung batang biasa tumbuh bunga majemuk seperti bunga sirih. Berdasarkan hasil riset, diketahui bahwa batang dan daun suruhan mempunyai kandungan alkaloid, tanin, kalsium oksalat, lemak, dan minyak asiri.
Habitat Tanaman Suruhan. Tanaman Suruhan adalah tanaman liar yang mudah dijumpai dan mudah tumbuh dimana-mana. Anda bisa menjumpainya ditepi-tepi selokan, dipinggir-pinggir jalan dan ditanah-tanah kosong sekitar pekarangan rumah anda. Suruhan merupakan tanaman liar yang biasa tumbuh di tempat-tempat lembab seperti di bawah tembok pagar rumah, atau biasa juga didapatkan di daerah pegunungan yang berhawa sejuk. 

Suruhan sendiri mempunyai nama Peperomia pellucida, dan masih berkerabat dengan sirih (piperaceae).  Tanaman ini jarang mendapat perhatian karena masih banyak yang belum mengetahui jika ternyata tanaman Suruhan ini bisa untuk mengobati Asam Urat.

Tanaman herba kecil ini punya nama Suruhan nama ini digunakan mengacu pada bentuk tanaman yang mirip dengan sirih (suruh) sehingga dikatakan sebagai suruhan (mirip sirih).  Nama lain dari suruhan adalah tumpang air, katumpangan ayer dan seladaan.




Tanaman ini cukup mudah dikenali, tinggi sekitar 10-15 cm dan bisa mencapai 30 cm, batang lunak berair mengkilat, daun mirip daun sirip lunak dan mengkilap juga.  Pada ujung batang biasa tumbuh bunga majemuk seperti bunga sirih.

Berdasarkan hasil riset, diketahui bahwa batang dan daun suruhan mempunyai kandungan alkaloid, tanin, kalsium oksalat, lemak, dan minyak asiri.

Tanaman Suruhan Untuk Obat Asam Urat:
Caranya: 5 gram daun dan batang suruhan dicuci bersih, tambahkan dua gelas air, lalu direbus dengan api kecil hingga tersisa satu gelas air. Minum saat pagi dan malam.

Abses, bisul, jerawat, dan radang kulit : Dua pohon tanaman segar ukuran kecil ( tinggi o 7-10 cm tinggi ) dicuci bersih. Rebus tanaman dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Minum airnya sekaligus 1 gelas selagi hangat. Lakukan pengobatan sehari 2 x dengan dosis yang sama. Sisa air ramuan sebaiknya dibuang. Buat ramuan segar lagi untuk setiap kali akan minum ramuan yang berikutnya.

Luka bakar dan terpukul : Ambil tanaman segar secukupnya. Cuci bersih, lalu lumatkan tanaman, Tempelkan ramuan dibagian tubuh yang sakit.

Penyakit ginjal : Cuci bersih tanaman segar berukuran kecil ( tinggi 7 – 10 cm tinggi ). Rebus tanaman dengan 3 gelas air  hingga tersisa 2 gelas. Minum airnya sekaligus selagi hangat. Lakukan pengobatan sehari 2 x, masing- masing 1 gelas. Sisa air ramuan sebaiknya dibuang. Buat ramuan segar lagi untuk setiap kali akan minum ramuan yang berikutnya.

Sakit perut : Tumbuk halus herba segar yang telah dicuci bersih. Peras hasil tumbukan, lalu minum air perasan itu.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 20:32:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.