Cara Merawat Luka Berbelatung Pada Ternak Sapi dan Pencegahannya

Posted by

Ternak sapi yang terluka entah pada kakinya atau pada badannya jika lama dibiarkan tidak diobati dengan benar akan timbul belatung. Biasanya luka pada sapi jika sampai berbelatung akan lebih susah diobati karena sudah mengalami infeksi. Keluarnya belatung dari luka pada ternak sapi tentunya menjijikkan dan jika tidak segera diobati juga akan sangat mengganggu sapinya sendiri bahkan akan merusak jaringan kulit dan daging yang ada disekitar luka yang belatungan.



Bagaimana cara mengatasi luka pada sapi yang sudah tumbuh belatung? Berikut ini cara sederhana untuk menghilangkan belatung dari luka pada ternak sapi:
  • Coba gunakan bensin/ minyak tanah, siramkan minyak tanah atau bensin ke dalam luka, usahakan siraman bensin atau minyak tanah tersebut tidak mengenai bulu ternak, sebab bila kulit ternak terkena bensin kulit tersebut bisa mengalami botak permanent. Jadi cara aman menggunakan minyak ini untuk mengusir belatung adalah dengan menggunakan speet (alat suntik).
  • Ambil tawas secukupnya, tawas juga sangat ampuh menghilangkan belatung dari ternak, caranya dengan menaburi tepung tawas (tawas yang di giling) di atas luka yang berbelatung pada ternak anda.
  • Jika anda tidak jijik maka bisa menggunakan pinset, ini cara manual dengan mencabuti bekatung dari luka. Cara ini paling baik dan menhindari kontaminasi dengan bahan-bahan kimia lain, namun jika pinset tidak steril malah bisa memperparah luka dan menjadi infeksi akut.
Tips Cara Mencegah Agar Luka Ternak Tidak Belatungan:


  • Semprot kandang dengan anti serangga, agar tidak ada lalat yang berkeliaran di sekitar kandang. Luka ternak berbelatung itu karena adanya lalat yang meletakkan telur mereka diatas luka pada ternak sapi, kambing, maupun domba dan kuda.
  • Semprotkan anti lalat pada badan ternak sapi yang terkena luka, biasanya cairan ini berwarna merah atau biru dan di pasar-pasar ternak sering digunakan. cairan pengusir lalat ini bisa dibeli di toko penjualan pakan ternak (poultry shoop).
Sebaiknya jika sapi terluka jangan dibiarkan terlalu lama, segera dilakukan penanganan seperti contoh diatas. Luka pada sapi yang berbelatung dan kadang sampai menganga lebar akan membuat performance ternak turun drastis dan jika infeksinya parah maka akan menyebabkan kerusakan jaringan daging dan kulit disekitar luka. Luka yang tidak sembuh-sembuh juga bisa menimbulkan abses yang berisi nanah yang semakin lama bisa semakin membesar dan menjalar kesekitar area luka.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 23:57:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.