Faktor Penyebab Harga Sayuran Mahal

Posted by

Bulan-bulan ini adalah bulan peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan. Banyak hal yang terimbas akibat adanya musim peralihan atau musim pancaroba ini. Salah satu yang saat ini sedang menjadi perhatian adalah terus naiknya harga sayur dan buah-buahan saat musim pancaroba ini.



Ternyata ada beberapa faktor penyebab mengapa harga sayuran terus naik saat ini, berikut beberapa diantaranya:

Cuaca Ekstrim
Kondisi cuaca ekstrim dan tidak menentu menjadi pemicu terjadinya gagal panen tanaman sayuran sehingga komoditi sayuran terus berkurang di pasaran. Kondisi ini memicu kenaikkan harga sayuran seperti cabe dan bawang merah

Banjir
Bencana banjir bisa menyebabkan harga sayuran meroket karena terhambatnya transportasi sehingga suplay sayura di daerah tertentu terhambat bahkan bisa habis sama sekali.

Tanah longsor
Seperti diketahui, tanaman sayuran lebih cocok ditanam dilereng pegunungan yang berhawa sejuk. Kendalanya jika tidak diatur dengan baik, lereng bukit dan gunung ini sangat rawan longsor saat musim penghujan sehingga bisa menghancurkan tanaman sayuran petani jika terjadi longsor.

Angin Puting Beliung
Tidak dipungkiri jika serangan angin puting beliung bisa merusakkan tanaman sayuran yang sedang produktif karena rusaknya daun dan batang akibat angin puting beliung ini akan sangat menurunkan produksi tanaman sayuran tersebut.

Permainan Pedagang

Ini adalah faktor yang paling sering terjadi dan sangat berpengaruh. Minimnya suplai dan tingginya permintaan menjadikan pedagang nakal memainkan harga sehingga harga di tingkat pedagang bisa jauh lebih tinggi dari harga tingkat petani (Jomplang).

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 19:51:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.