Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membangun Kandang Sapi

Posted by

Fungsi kandang sapi adalah sebagai tempat berlindung sapi dari panas dan hujan, tempat makan dan minum, tempat tidur, duduk dan berbaring serta tempat "nggayemi" atau memamah biak. Untuk mendukung semua fungsi itu maka sebelum membangun kandang perlu dipersiapkan dan diperhatikan hal-hal yang bisa mengakibatkan kerugian atau bahkan nilai plus dari kandang yang akan dibangun.

  
Sebelum membangun kandang sapi, perhatikan hal-hal berikut ini:

Jumlah sapi yang akan dipelihara
Ini perlu agar kita tidak membangun kandang yang mahal biayanya. Kita harus menentukan terlebih dahulu berapa sapi yang akan kita pelihara pada awalnya serta berapa sapi lagi untuk dikembangkan berikutnya.

Lokasi Kandang
Perhatikan lokasi kandang atau daerah yang akan didirikan kandang terutama jarak dari pemukiman penduduk, lokasi diatas atau dibawah pemukiman dll. Ini berguna untuk menghindari komplain dari masyarakat sekitar atas masalah polusi bau dari kandang.

Bahan-bahan Kandang
Untuk menghemat biaya, coba survey bahan-bahan yang bisa dipergunakan dan tersedia di sekitar lokasi yang akan dibuat kandang.

Desain kandang
Perlu melakukan desain kandang sebelum dibangun terutama disesuaikan dengan desain tata ruang dari daerah yang bersangkutan untuk menghindari pembongkaran.

Jarak Tempuh
Lokasi kandang diusahakan yang mudah terjangkau oleh transportasi truk pengangkut ternak sapi atau lokasi yang bisa dengan mudah dibuat jalan untuk transportasi.

Izin Usaha
Jangan lupa untuk mengurus izin usaha jika akan membuat usaha peternakan dengan skala hingga 200 ekor sapi.

Semoga bermanfaat

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 21:09:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.