Harga Cabe Terbaru, Makin Pedas!

Posted by

Informasi harga komoditi cabe terbaru dipasar tradisional jelang musim hujan 2016 bulan Oktober

Minimnya suplai membuat harga komoditi yang satu ini naik terus. Informasi dari pedagang pasar di area Jawa Timur:

Harga cabe merah besar dan cabe merah keriting naik menjadi Rp 49.000 - 50.000/kg jika dibandingkan harga sebelumnya Rp 45.000 ada kenaikan sekitar Rp 5.000/kg

Harga cabe rawit juga mengalami kenaikkan menjadi Rp 33.000 - Rp 34.000/kg.

Apa penyebab harga cabe naik?
Ternyata penyebab utama harga cabe dipasar naik adalah karena banyaknya petani yang gagal panen akibat perubahan musim yang susah diprediksi.

Minimnya stock cabe dipetani membuat petani juga menaikkan harga untuk menutupi kerugian tanamannya yang sebagian gagal panen. Efek dominonya adalah harga di tingkat pedagang mulai naik dan tentu saja kenaikkannya jauh lebih tinggi daripada kenaikkan harga cabe di tingkat petani. Maklumlah namanya juga pedagang begitu ada kesempatan naik harga maka mereka akan berlomba menaikkannya.

Bagaimana cara konsumen mengatasi harga cabe yang mahal?
Untuk konsumen rumah tangga caranya sangat mudah! kurangi saja pembelian cabe, selesai masalah! tetapi untuk konsumen warung dan restoran apalagi yang sangat membutuhkan cabe seperti penjual lalapan tidak semudah itu. Jalan terbaik adalah dengan mengurangi jumlah sambal pada menunya atau memberikan harga khusus bagi pelanggan yang berminat menambah sambal. Jadi sambalpun wajib diberikan harga sendiri saat cabe yang menjadi bahan baku utama sambal melambung tinggi harganya.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 22:14:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.