Ini Jenis Hijauan Yang Bagus Untuk Pakan Kelinci Sekaligus Sebagai Obat dan Suplemen

Posted by

Jenis Hijauan Yang Bagus Untuk Pakan Kelinci, Baik Kelinci Pedaging Maupun Kelinci Hias

Sebenarnya hampir semua jenis rumput lapangan bisa diberikan pada kelinci selama diketahui bahwa rumput tersebut tidak beracun dan membahayakan kelinci. Jenis rumput lapangan yang menjalar kesana-kemari juga disukai kelinci tetapi biasanya hanya akan dikonsumsi daunnya saja sedangkan batangnya tidak dimakan.

Ada beberapa jenis rumput yang bagus sebagai pakan ternak kelinci karena juga berfungsi sebagai obat maupun suplemen agar kelinci lebih sehat.



Macam-macam Jenis Rumput Yang Bagus Untuk Pakan Kelinci 


Hijauan Pakan Kelinci, Jenis Legetan (Synedrella Nodiflora) 

Legetan
Nama lain yang di kenal legetan adalah gondang-gandung. Situs warintek.go.id , menyebut daun dan batangnya mengandung saporin dan polifenol. legetan

Rumput ini memiliki khasiat obat sakit perut, obat gosok dan rematik. Departemen of Animal Nutrition, Can Tho University, Viet Nam yang telah meriset rumput ini mengatakan, legetan memiliki serat yang di cerna dan tidak dicerna secara seimbang sehingga sangat cocok untuk makanan babi dan kelinci sebagai campuran.

Legetan banyak ditemukan di kebun dan tegalan. Orang jawa menggolongkan rumput ini sebagai wedusan sebagaimana jenis rumput bandotan dan sintrong. Pada kelinci rumput ini sangat enak dan disukai sebagaimana rumput sintrong dan bandotan.

Alasan Mengapa Legetan Bagus Untuk Pakan Kelinci
  • Tanaman Legetan Memiliki kandungan serat dicerna dan tidak dicerna yang sangat cocok buat kelinci.
  • Kelinci yang rutin diberikan jenis rumput ini setiap hari tidak banyak dijumpai masalah air kencing, ginjal dan gigi juga pencernaan.
  • Hijauan jenis Legetan ini relatif aman dimakan kelinci muda yang masih menyusui sebagai pemasok gizi dan membentuk pertumbuhan gigi secara baik.

Sintrong
Hijauan Pakan Kelinci, Jenis Tanaman Sintrong (Crassocephalum crepidioides (Benth)).

Sintrong adalah rumput yang identik disebut sayuran karena selain bisa dimakan domba dan kelinci, juga sering dijadikan makanan manusia sebagai makanan urap. Rumput ini tumbuh liar sebagaimana bandotan dan jenis yang lain. Untuk kelinci para petani sudah tahu bahwa inilah salah satu rumput yang layak dimaka kelinci.

Sintrong Harus Dilayukan Dahulu Sebelum Diberikan Pada Kelinci
Karena kadar air dan getahnya yang cukup banyak, para petani memilih melayukan beberapa jam sebelum pemberian.

Manfaat Tanaman Sintrong
Spesies tanaman yang disebut Crassocephalum crepidioides ini memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. The Guardian menyatakan bahwa tanaman sintrong memiliki manfaat efektif dalam pengobatan untuk:
  • Mengatasi Gangguan pencernaan
  • Obat Alami Sakit perut
  • Sakit kepala
  • Pendarahan hidung.

Bandotan
Hijauan Pakan Kelinci, Jenis Tanaman Bandotan (Ageratum conyzoides L).
Kandungan Kimia Tanaman Bandotan
Daun Bandotan ini memiliki komposisi kimia sbb: asam amino, organacid, pectic substance, minyak asiri kumarin, ageratochromene, friedelin, B-sitosterol, stigmasterol, tanin, sulfur, dan potassium chlorida. Akar bandotan mengandung minyak astiri, alkaloid, dan kumarin.
Tanaman bandotan adalah jenis hijauan / rumput yang mengandung banyak manfaat bagi pengobatan tetapi kurang begitu disukai kelinci karena memiliki rasa agak pahit. Untuk mengatasinya tanaman bandotan harus diberikan dalam jumlah sedikit saja dicampur dengan rumput atau hijauan yang lain.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 02:49:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.