Kulit Semangka, Segudang Manfaatnya, Sebagai Jus Kesehatan

Posted by

Jangan Buang Kulit Semangka Karena Ternyata Manfaat Kulit Semangka Diluar Dugaan Anda, Silahkan Simak Khasiat Kulit Semangka Dibawah Ini!
Kulit Semangka
Kulit Semangka selama ini masih dianggap hanya sebagai "sampah" yang tidak ada gunanya. Kalau ditempat saya, kulit semangka sering dimanfaatkan sebagai pakan kelinci, meskipun hanya sebagai pakan selingan saat yang punya kelinci sedang mengkonsumsi semangka, ini pun dengan pertimbangan daripada di buang dan kebetulan si kelinci juga menyukainya. Lantas apa sebenarnya manfaat kulit semangka bagi kesehatan? Adakah manfaat kulit semangka ini untuk tubuh kita? Bagaimana cara memanfaatkannya?

Jika selama ini anda memakan buah semangka tentunya hanya daging buahnya yang anda makan. Dan mungkin sebagian dari anda juga memanfaatkan biji semangka untuk dibuat semacam produk kuaci biji semangka yang juga banyak penggemarnya. Nah sekarang saatnya anda juga melirik kulit buah semangka ini yang ternyata banyak memiliki manfaat. Dibawah ini beberapa info manfaat kulit buah semangka dan cara paling mudah untuk menjadikan buah kulit semangka sebagai minuman kesehatan. Semoga bermanfaat.

Nutrisi Kulit Semangka
Kulit buah semangka yang berwarna putih dan kehijau-hijauan ini mengandung sejumlah nutrisi yang penting untuk kebutuhan sehari-hari. Dalam 2.5 x 2.5 kulit semangka saja mengandung 1.8 kalori yang berguna untuk tubuh. Selain itu mengandung 2% vitamin C dan 1% vitamin B6 yang dibutuhkan tubuh. Manfaat lain dari kulit semangka sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit, menambah kekebalan tubuh, dan untuk kesehatan sistem saraf.

Manfaat Kulit Semangka Untuk Kekebalan Tubuh

Manfaat dan khasiat kulit semangka yang lain adalah adanya kandungan citrulline didalamnya. Kandungan ini berfungsi sebagai anti oksidan kuat yang bermanfaat untuk menjaga tubuh dari radikal bebas. Selain itu, citrulline juga bisa di ubah oleh tubuh menjadi arginin yaitu asam amino yang mempunyai peranan penting dalam peredaran darah dan sistem kekebalan tubuh. Karena adanya kandungan ini jugalah yang membuat kulit semangka mampu menjadi agen dalam menjaga kesehatan jantung dan impotensi. Demikian hasil penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of the Science of Food and Agriculture tahun 2011.

Manfaat Untuk Disfungsi Ereksi
Para peneliti dari Texas A&M’s Fruit and Vegetable Improvement Center telah mencatat bahwa citrulline membantu pembuluh darah rileks dan bahkan dapat membantu penyembuhan disfungsi ereksi. Bahkan, kemampuannya untuk meningkatkan aliran darah menyebabkan citrulline semangka untuk disebut sebagai obat alami yang dapat meningkatkan libido.

Kulit Semangka Untuk Obat Jerawat
Jerawatan yang timbul pada wajah bisa dibersihkan dengan kulit semangka. Caranya yaitu dengan mengolesi kulit semangka bagian dalam pada wajah secara merata. Selain bisa membersihkan wajah juga bisa membantu menghilangkan jerawatan. 

Mencegah Penyakit Kardiovasculer/Jantung
Kulit semangka juga bagus untuk memperlancar peredaran darah karena adanya kandungan kalium dalam kulit semangka yang cukup tinggi. Kandungan kalium yang mampu memperlancar aliran darah ini juga menjaga kerja jantung sehingga kita bisa terhindar dari penyakit kardiovascular (penyakit jantung).

Mencegah Penuaan Dini
Kadar Likopen pada kulit semangka mampu melindungi tubuh dari radikal bebas yang merangsang percepatan penuaan pada kulit.

Bagaimana Cara Memanfaatkan Kulit Buah Semangka Untuk Kesehatan?

Demikian manfaat dari  kulit semangka, kita bisa mendapatkan manfaat kulit semangka secara umum dengan mengkonsumsi  jus kulit semangka, yang dibuat jus adalah kulit semangka pada bagian yang berwarna putih sedangkan kulit hijaunya jangan digunakan. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 19:46:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.