Rahasia Bahan Jamu Sapi Madura Untuk Karapan

Posted by

Lomba karapan sapi Madura tidak hanya sebatas lomba balapan sapi. Lomba ini sangat kental dengan aroma kebanggaan bagi pemilik sapi yang bisa memenangkan lomba karapan sapi.
Karapan sapi merupakan istilah untuk menyebut perlombaan pacuan sapi yang berasal dari Pulau Madura, Jawa Timur. Pada perlombaan ini, sepasang sapi yang menarik semacam kereta dari kayu yang merupakan tempat joki berdiri dan mengendalikan pasangan sapi tersebut dan dipacu dalam lomba adu cepat melawan pasangan-pasangan sapi lain.
Lomba ini juga menjadi ajang perputaran uang yang nilainya bisa mencapi ratusan juta bahkan juga milyaran karena sudah bukan merupakan rahasia lagi jika di ajang pacuan sapi Madura atau karapan sapi ini sering dimanfaatkan oleh para penjud layaknya pacuan kuda.



Sapi pemenang lomba karapan juga akan naik daun dan dihargai sangat mahal hingga mencapai ratusan juta rupiah per ekornya.

Memang tidak sedikit modal yang harus dikeluarkan oleh mereka yang memiliki sapi Madura untuk kerapan karena pemeliharaan sapi Kerapan membutuhkan biaya yang tidak sedikit terutama untuk pakan tambahan atau yang biasa disebut Jamu Sapi Untuk Kerapan.

Mengenal bahan jamu yang digunakan untuk menconthang sapi madura khusus untuk karapan sapi agar stamina sapi madura saat berlomba lebih kuat.

Karapan sapi merupakan istilah untuk menyebut perlombaan pacuan sapi yang berasal dari Pulau Madura, Jawa Timur. Pada perlombaan ini, sepasang sapi yang menarik semacam kereta dari kayu sebagai tempat joki berdiri dan mengendalikan pasangan sapi tersebut untuk dipacu dalam lomba adu cepat melawan pasangan-pasangan sapi lain.

Biasanya trek atau jalur pacuan mencapai 100 meter dan lomba pacuan dapat berlangsung sekitar sepuluh detik sampai satu menit. Beberapa kota di Madura menyelenggarakan karapan sapi pada bulan Agustus dan September setiap tahun.

Namun, sebelum melakukan lomba Karapan Sapi para peserta banyak melakukan persiapan yang harus dilakukan. Mulai dari memberikan vitamin berupa jamu yang diberikan kepada sapi-sapi agar tampil fit. Ramuan sapi tersebut diberi jamu agar memiliki stamina di saat bertanding di pacuan.

Ramuan biasanya diberikan kepada sapi yang bertujuan menambah stamina saat bertanding di pacuan.
Suplemen Telur Sebanyak 150 butir ditambah bahan-bahan lain menjadikan stamina sapi Madura yang digunakan untuk pacuan menjadi lebih joss dan dipercaya makin cepat larinya sehingga kans untuk menjadi juara menjadi lebih besar
Inilah Bahan-bahan jamu dan suplemen yang umum digunakan.
Bahan-bahan yang digunakan hampir sama dengan manusia, namun dosis yang diberikan lebih tinggi.

Misalnya, setiap hari sapi diberikan suplemen telur sekitar 150 butir telur.

Bahan-bahan tambahan lain yang digunakan untuk meramu sebuah jamu, seperti jahe, kunir, telur, laos, kunyit, ketumbar, lada, kemudian kopi tubruk. Airnya pakai air kapur, tapi yang sudah jernihkan. Kemudian ditambah lagi, cuka, lada, dan supaya tubuh sapi tersebut agar lebih sterek dan tidak kegemukan.

Bila jamu sudah siap, lantas diberikan kepada sapi. Selain itu, sapi tersebut langsung dicoba khasiatnya di lintasan pacuan. Salah satu dari ciri-ciri sapi yang sudah diberi jamu itu, larinya akan terlihat kencang.



Mau mencoba ramuan jamu sapi untuk sapi Madura?

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 01:21:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.