Saat Membangun Kandang Sapi, Jangan Lupakan Perlengkapan Berikut Ini!

Posted by

Kadang sapi yang baik adalah sebuah bangunan yang bisa membuat penghuninya merasa nyaman. Penghuni kandang sapi tentunya ternak sapi bukan yang lain. Ternak yang merasa nyaman dikandang dan tidak stress akan bias tumbuh dan berkembang dengan baik. Apalagi jika yang bita pelihara adalah sapi bakalan untuk penggemukan tentunya kita menginginkan pertambahan berat badan yang bagus setiap harinya.


Beberapa perlengkapan dan kelengkapan kandang yang wajib ada saat membangun kandang antara lain:

Saluran drainase
Saluran ini wajib ada karena berhubungan erat dengan kebersihan dan sanitasi kandang yang terkait erat dengan kesehatan ternak sapi. Saluran drainasi berfungsi untuk mengalirkan kotoran sapi dari kandang hingga ke tempat penampungan dengan kemiringan tertentu misalnya 5 derajad.

Gudang Pakan
Gudang pakan ini wajib ada sebagai salah satu kelengkapan kandang. Gudang pakan difungsikan sebagai tempat untuk menjaga kualitas pakan agar tetap bagus. Pakan yang disimpan secara tidak benar akan menurunkan kualitasnya.

Tempat Menampung Kotoran
Ini adalah muara dari saluran drainase, tempat menampung kotoran dibuat sedemikian rupa sehingga kita bisa dengan mudah mengangkat kotoran sapi dari sana jika sudah penuh untuk dimanfaatkan sebagai kompos dll. Bisa juga tempat penampungan kotoran ini dibuat sebagai tempat pembuatan biogas.

Peralatan lain
Skop, garpu untuk pakan dan membersihkan kandang, ember, dll.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 20:53:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.