Toko Pertanian MARDIKA TANI. Jl. Raya Sragen-Solo KM 7, Sragen Jawa Tengah. "Sedia AOS AMINO Ternak Untuk Sapi Cepat Gemuk dan Sehat" Kontak: Hp. 0822 2656 7891 / 0822 2122 5555

Sapi Betina Tidak Kunjung Birahi? Ini Cara Mempercepatnya!

Posted by

Mungkin anda pernah mendengar ada program pemerintah gebrak birahi atau program birahi serentak pada ternak sapi. Program ini mengandalkan hormon untuk membuat sapi-sapi betina bisa birahi bersamaan waktunya.

Mempercepat birahi ataupun menyeragamkan birahi pada ternak sapi betina memang dimaksudkan untuk menghemat biaya dan waktu pada program inseminasi buatan. Coba bayangkan saja jika ada sapi 100 ekor betina yang akan di IB sementara birahi antara sapi satu dengan yang lainnya berlainan dan berjauhan waktunya, butuh berapa hari untuk melakukan IB sebanyak 100 ekor betina calon indukan tersebut. Inilah pentingan mempercepat dan menyeragamkan birahi.
Hormon yang digunakan untuk mempercepat birahi adalah PGF2-alpha. Hormon ini bisa digunakan secara IM dan IU (intra muscular dan Intra Uterine). Intra muscular berarti disuntikkan ke dalam daging dan Intra uterine berarti dimasukkan kedalam uterus sapi.
Perlu dicatat bahwa mempercepat birahi sapi betina dengan menggunakan hormon memiliki plus minus. Ada keuntungan yang bisa didapatkan tetapi juga ada kerugian atau kelemahan dari sistem ini.

Beberapa Keuntungan Penyeragaman Birahi Sapi Betina dengan Hormon:
  • Untuk IB sapi dalam jumlah besar, sinkronisasi birahi dengan hormon ini memang bermanfaat untuk peternakan sapi yang memelihara induk sapi dalam jumlah banyak, dimana dengan menggunakan hormon ini birahi bisa diatur agar terjadi estrus secara serentak sehingga akan menghemat biaya inseminasi buatan.
  • Dapat mengatasi dan mengobati abnormalitas estrus (konsultasikan dengan dokter hewan).
Kelemahan dan Kekurangan Terapi Hormon:
  • Keberhasilan lebih rendah. Tingkat keberhasilan Inseminasi pada sapi yang dipercepat dengan menggunakan hormon pgf2 –alpha lebih rendah daripada tingkat keberhasilan inseminasi secara normal.
  • Tidak Boleh digunakan terus menerus. Pengunaan secara terus menerus dapat mengacaukan siklus birahi
  • Bisa Mengakibatkan Kemandulan sapi Betina. Penggunaan pada dosis yang tidak tepat dapat menyebakan kemajiran betina.
  • Bisa Tidak Ekonomis. Harga hormon cukup mahal sehingga hanya cocok untuk peternakan skala besar.

Birahi Semu Pada Sapi Betina
  • Birahi semua atau silent heat bisa terjadi jika kondisi sapi betina terlalu gemuk, sapi gemuk umumnya memiliki nafsu makan yang sangat tinggi sehingga ketika birahi sekalipun nafsu makan mereka terlihat tetap tinggi.
  • Sapi Kekurang betakaroten, betakaroten ini sangat berguna dalam memproduksi hormon FSH (folikel stimulating hormone) secara alami. Biala ternak kekurangan gizi atau standar pakan yang tidak tepat dapat mengakibatkan birahi semu pada sapi betina.
Siklus Birahi Normal Pada Sapi Betina 

Siklus Birahi pada sapi normalnya antara 19 – 25 hari sekali, dan estrus pertama dara terjadi antara umur 1,5 tahun – umur 2 tahun.

Loading...
loading...

Blog, Updated at: 00:16:00

0 komentar: