Segudang Manfaat Biji dan Buah Nangka Bagi Kesehatan

Posted by

Jika ingat masa kecil banyak dari kita yang kangen dengan beragamnya makanan organik tanpa pengawet dan bebas efek samping yang dijajakan oleh pedagang kecil dipinggiran jalan. Salah satu jajanan yang dulu sering dijual dan mudah ditemukan adalah biji nangka rebus atau kalau di Jawa Tengah ada yang menyebut dengan nama "beton". Memang dalam bahasa jawa, biji nangka memiliki sebutan beton.

Buah nangka juga merupakan makanan "ndeso" pada awalnya karena memang pohon nangka jarang ditemukan diperkotaan. Tetapi sekarang buah nangka yang dimasak sebagai masakan khas yogya yang bernama Gudeg sudah melanglang buana ke seluruh Indonesia. Dan hal ini tentu saja meningkatkan nilai jual buah yang bernama nangka ini.

Ternyata tidak hanya buahnya yang bermanfaat, biji nangka juga memiliki manfaat yang tidak sedikit bagi kesehatan. Apa saja manfaat biji nangka yang berguna bagi kesehatan? Simak informasinya dibawah ini dan semoga bermanfaat.

Manfaat Buah Nangka dalam Bidang Kecantikan dan Cara Pemakaiannya

Buah nangka
Buah Nangka Ampuh Mencegah dan menyamarkan keriput di mata.
Caranya, celupkan nangka matang pada pada susu dingin beberapa saat, lalu gosokkan lembut pada kerutan Anda. Pemakaian rutin selama empat minggu bisa menghilangkan kerutan di sekitar mata Anda.

Mengobati jerawat membandel.

Menghilangkan jerawat bisa diatasi dengan membuat bubur nangka. Lembutkan nangka lalu tempelkan pada tempat berjerawat sampai mengering, atau kurang lebih 15 menit. Setelah itu bilas sampai bersih.

Mengatasi kulit berminyak.

Buatlah bubur nangka yang ditambahkan sesendok minyak zaitun. Gunakan pasta nangka tersebut sebagai masker untuk wajah dan leher. Diamkan selama 30 menit dan bilas memakai air hangat. Setelah selesai, tepuk-tepuk wajah Anda secara ringan.

Mengatasi kulit terbakar.

Akibat sinar matahari yang terik, kulit Anda dapat terbakar dengan ditandai kulit berwarna coklat kemerahan dan agak perih. Nangka dapat mengatasinya dengan cara membuat bubur nangka yang ditambahkan sedikit air lemon. Gunakan pada kulit yang terbakar dan lakukan secara rutin selama sebulan.

Kulit lebih bersinar. 

Anda mesti memanfaatkan biji nangka untuk ini. Giling biji nangka kering dan tambahkan susu dengan madu. Oleskan pasta tersebut pada wajah dan leher. Agar lebih menunjang kulit bersinar, makanlah buah nangka matang untuk perawatan dari dalam tubuh.

Mengatasi noda wajah.

Caranya tinggal menerapkan bubur nangka ada noda wajah. Nangka kaya vitamin C yang dapat memperbaiki kerusakan sel-sel kulit.

Mengurangi pigmentasi kulit di sekitar mulut dan dagu.

Nangka dapat memperbaiki pigmentasi ke warna kulit asli. Gunakan bubur nangka di bagian yang mengalami pigmentasi. Pijat lembut selama lima menit dengan gerakan melingkar. Diamkan selama 10 menit lalu bilas.

Menyembuhkan kutil berukuran kecil.

Pakailah biji nangka kering yang telah ditumbuk untuk dioleskan pada kutil. Lakukan minimal dua minggu hingga kutil mengelupas sendiri.

Merawat kulit kering. 

Buatlah jus nangka dan pakai untuk masker. Setelah kering, bilas memakai susu untuk mendapatkan hasil terbaik.

Menyembuhkan luka ringan. 

Buah ini kaya vitamin C dan A yang membantu penyembuhan luka kecil. Terapkan bubur nangka di tempat luka.

Manfaat Biji Nangka Bagi Kesehatan

Buah nangka termsuk dalam suku Moracea dan nangka juga merupakan nama pohon sekaligus buahnya. Buah juga memiliki nama ilmiah Atocarpus heterophyllus dan berasal dar sebuah wilayah di bagian bawat India yang bernama Ghats. Pada wilayah Ghats masih dapat ditemukan pohon nangka dengan bentuk yang besar di dalam hutan hujannya. 
Manfaat Biji Nangka Rebus Bagi Kesehatan
Biji Nangka
Seperti yang sudah dijelaskan mengenai buah nangka di atas, biji nangka juga memilki kandungan serat, protein, vitamin A, B dan juga C, seng, Fosfor, serta kalsium yang cukup tinggi. Banyak orang yang tidak tahu akan kandungan yang terdapat di dalam biji nangka ini sehinga tidak sedikit yang hanya memakan buahnya saja dan membuang bijinya. Padahal jika kita mengkonsumsi biji nangka ini dengan cara merebusnya tentunya akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh kita. Biji nangka juga masih memiliki beberapa kandungan lainnya seperti isovlafon, saponin, dan juga lignin yang mana merupakan antioksidan yang dapat mencegah terjadinya radikal bebas penyebab terjadinya kanker.
Beberapa Manfaat Biji Nangka

Mencegah Terjadinya Anemia
Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa biji nangka memiliki kandungan zat besi dimana zat besi merupakan zat yang dapat memproduksi sel darah merah. Sehingga dengan kita mengkonsumsi biji buah nangka maka kita akan terhindar dari penyakit anemia karena adanya sel darah mereah yang berasal dari zat besi yang terkandung di dalam biji nangka tersebut.

Memperbaiki Kesehatan Rambut
Biji nangka juga memiliki kandungan vitamin A yang cukup banyak sehingga sangat baik untuk menyehatkan mata anda dan juga dapat mencegah rambut menjadi rontok. Selain itu juga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dan juga meningkatkan kesehatan pertumbuhan tubuh,

Meningkatkan Gairah Seks
Kandunga protein dan juga nutrisi yang banyak terkandung di dalam tubuh dapat membantu tubuh kita agar tetap sehat. Dan hal tersebut akan membuat anda semakin bergairah dalam berhubungan.

Mencegah terjadinya Konstipasi
Konstipasi adalah sebuah kondisi dimana kita akan menjadi sulit untuk buang air besar dikarenakan kurangnya serat pada makanan yang kita konsumsi. Biji nangka ternya memiliki banyak kandungan serat yang dapat mencegah terjadinya konstipasi dan juga mampu untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Mengatasi Penyakit Kulit dan Stress
Banyaknya kandungan protein dan juga mikronutruen di dalam biji nangka diangga sangatlah baik untuk digunakan sebagai sebuah bahan untuk memberikan terapi kepada kulit dan memiliki manfaat untuk menjaga kulit agar tetap lembab dan juga mampu untuk mengatasi terjadinya stress.

Mengatasi Keriput
Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam biji nangkalah yang mampu mengatasi dan juga mencegah kulit menjadi kriput dan menjaganya agar tetap kencang dan tidak kendur.

Mencegah Tumbuhnya Kanker
Ternyata biji nangka juga mampu untuk mengatasi dan menghambat timbulnya penyakit kanker kolon sebagi prebiotik karena biji nangka mengandung oligosakarida dan juga polisakarida yang tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan. Biji nangka sendiri mampu mentimulir pertumbohan lactobacillus yang ada di dalam tubuh kita. Sehingga biji nangka mampu untuk menghambat timbulnya kanker kolon.

Bagaimana Cara Mendapatkan Manfaat Biji Nangka Tersebut?

Caranya sangat mudah:
  • Siapkan Biji Nangka Secukupnya
  • Rebus sampai Matang
  • Kupas Kulit Biji Nangka
  • Makan seperti anda mengkonsumsi makanan pada umumnya
Tips:
Agar rasa biji Nangka rebus lebih gurih tambahkan sedikit garam saat merebus biji Nangka. Selamat menikmati biji Nangka dan dapatkan manfaatnya.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 21:05:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.