Segudang Manfaat Cangkang Telur, Basmi Semut, Tikus, Kecoa Sampai Hama Tanaman

Posted by

Manfaat Cangkang Telur. Cangkang telur selama ini lebih banyak dibuang karena masih jarang yang mengetahui jika benda ini sebenarnya masih memiliki manfaat yang besar. Kulit telur ayam dan cangkang telur itik  ternyata punya banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat dari cangkang telur ayam dan itik.
Komposisi Senyawa Kimia dalam Cangkang Telur Ayam/Itik
Cangkang telur merupakan lapisan berkapur yang menyusun 9-12 persen dari berat telur total.
Cangkang telur tersusun kira-kira 94 persen kalsium karbonat, 1 persen magnesium karbonat, 1 persen kalsium fosfat, dan 4 persen bahan organik terutama protein.



Cara Membasmi Tikus, Kecoa dan Semut Dengan Cangkang / Kulit Telur Ayam dan Itik
Bahan:
  • Kulit atau cangkang telur secukupnya
Cara:
  • Keringkan dan giling kulit Telur.
  • Giling untuk menghancurkannya menjadi bubuk atau serbuk.
  • Taburkan bubuk kulit telur itu langsung pada hama yang ada dirumah
Bubuk kulit telur dapat mengusir dan membunuh beberapa jenis hama, seperti siput, keong, mollusca, kutu, kumbang, Tikus , Kecoa dan Semut. Jika terkena bubuk kulit telur, hama tersebut akan langsung menggeliat. Mereka akan bergerak untuk beberapa waktu, berputar dan berbalik dan akhirnya mereka akan mati.
Cara Membasmi Hama pada tanaman
Taburkan bubuk kulit telur daun tanaman favorit Anda yang telah rusak diserang hama. Ini juga merupakan salah satu cara menggunakan kulit telur untuk pengendalian hama. Hama akan menjauh dari daun tersebut dan membunuh hama lainnya yang menempel di atas daun. Selain itu, taburkan juga bubuk kulit telur di sekitar permukaan tanah tanaman Anda. Jika terjadi hujan, maka taburi lagi bubuk tersebut untuk mengusir hama menjauh dari tanaman Anda.

Cangkang Telur Untuk Mengendalikan Hama Tanaman
Cangkang telur mengandung kalsium yang bisa menjadi musuh utama tanaman seperti siput, hama putih dan beberapa jenis hama lain. Manfaatkan cangkang telur sebagai media untuk menumbuhkan tanaman, caranya :
  • Lubangi beberapa bagian cangkang telur kemudian masukkan dalam tanah
  • Setelah itu is cangkang telur dengan tanah dan masukkan benih bunga, buah atau sayuran
  • Tanaman akan tumbuh subur tanpa diganggu oleh hama tanaman.
  • Hama biasanya tidak menyukai efek dan bau cangkang telur. Hal ini terjadi karena kulit telur mempunyai lapisan kutikula merupakan lapisan terluar yang memiliki ketebalan 10 ┬Ám dan saluran pori. Serta berfungsi melindungi telur dari kelembaban dan mikroorganisme. Dan membantu pertukaran gas yang masuk kedalam telur.
Mengatasi masalah saluran air yang tersumbat
Haluskan kulit telur sampai menjadi bubuk, lalu tuangkan dalam saluran yang tersumbat, kemudian biarkan selama semalaman, keesokan harinya, pastinya saluran air yang tersumbat sudah lancar kembali.  Bisa juga ditambahkan sedikit cuka untuk hasil yang maksimal.

Kulit Telur Untuk Pupuk Tanaman.
Tenyata kulit telur kaya akan kalsium. Jadi, kulit telur tersebut dapat hancur dengan sendirinya dan menyebar di tanah sehingga menjadi pupuk yang mengandung kalsium tinggi yang dibutuhkan oleh tanaman.

Caranya yaitu hancurkan cangkang sampai menjadi beberapa potongan kecil, lalu taburkan di area yang akan ditanami.

Manfaat lain Kulit Telur

Untuk Campuran Kopi
Dengan menambahkan serbuk cangkang telur pada minuman kopinya akan membuat cita rasa kopi yang di minumnya tidak terlalu pahit.


Cangkang Telur Untuk Pemutih Pakaian
Caranya yaitu dengan mencampurkan cangkang telur yang dihaluskan ke dalam rendaman cucian pakaian sobat.


Sebagai Masker Wajah
Cangkang telur dapat  digunakan untuk masker wajah agar kulit wajah menjadi kencang. Caranya yaitu haluskan cangkang kemudian campur dengan putih telur, lalu oles ke wajah, tunggu sampai kering, kemudian bilas sampai bersih.


Mengatasi Kulit Terkena Iritasi
Caranya yaitu masukkan cangkang telur ke dalam wadah atau tempat yang berisi cuka sari apel, kemudian rendam beberapa hari, setelah itu oleskan pada kulit sobat yang terkena iritasi.


Bonus Tips Cara membedakan Telur Yang Masih Baik dengan Telur Jelek
  • Pilih dulu telur yang kulitnya bersih
  • Guncangkan telur, jika telur tersebut berbunyi tandanya telur tersebut sudah kurang bagus.
  • Pilih yang tidak berbau, telur yang sudah busuk biasanya baunya akan tercium keluar dari cangkangnya
  • Pilihlah telur yang bentuknya lonjong. Memilih telur yang bentuknya lonjong ada alasanya yaitu karena telur bentuk ini memiliki kuning telur yang lebih besar/banyak jika dibandingkan dengan telur yang bentuknya agak bulat.
  • Rendam telur didalam air, telur-telur yang baik umumnya akan tenggelam sedangkan telur yang kurang baik akan mengapung.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 02:08:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.