Tanaman Pacar Kuku (Daun Inai), Ini Manfaatnya!

Posted by

Pacar Kuku Selain Untuk Mewarnai Kuku dan Rambut Juga Mempunyai Manfaat Sebagai Obat Herbal Untuk Beberapa Jenis Penyakit.
Kekayaan alam hayati negara kita telah dibuktikan oleh banyak peneliti. Banyak sekali tanaman liar yang memiliki segudang manfaat dan khasiat baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Kadang tanaman liar itu sering kita temukan dimana-mana dan lolos dari perhatian kita karena kita tidak menduga sama sekali jika tanaman liar tersebut ternyata jenis obat herbal. Salah satu jenis tanaman liar yang bermanfaat untuk kecantikan dan juga kesehatan adalah Pacar Kuku.

Tanaman Pacar Kuku. Tanaman ini memiliki batang perdu, tegak, cabang-cabangnya sering berujung runcing, Secara fisik Tanaman Pacar Kuku berupa semak menahun dengan tunggi 1-4 meter, dengan Batang bulat berkayu serta berduri. Daun berhadapan, berbentuk jorong atau jorong-lanset, panjang 1,5-5,0 cm. Perbungaan berupa malai, tumbuh di ujung cabang dan di ketiak daun, panjang 4 – 20 cm; bunga kuning muda, merah jambu, atau merah; sangat harum, Buahnya berupa buah kotak, berbentuk bulat, atau bulat pipih, dan memiliki garis tengah ±0,5 cm, didalam buah terdapat biji berbentuk piramida terbalik. Nama-nama lokal untuk tanaman pacar kuku antara lain: pacar petok (Jawa); inai parasi (Sumatera); gaca, ineng (Aceh); daun laka (Ambon), kacar (Gayo), ine (Batak), inae batang (Minangkabau), bunga laka (Timor), daun laka (Ambon), kayu laka (Menado), pacar kuku (Jawa Tengah dan Sunda), pacar (Madura), pacar (Dayak), tilangga tutu (Gorontalo), kolondigi (Buol), karuntigi (Ujungpandang), pacel (Bugis), bunga jari (Halmahera), laka bobudo (Ternate), dan laka kahori (Tidore).

Pacar Kuku

Pacar kuku banyak ditanam sebagai tanaman hias, karena bunganya berbunga sepanjang tahun, dan karena bunganya harum sering digunakan dalam wangi-wangian, Pacar Kuku berasal dari Afrika Timur Laut dan Asia Barat Daya.

Daun Pacar Kuku biasanya digunakan dalam upacara adat di Nusantara untuk acara seremonial melukis tangan atau bagian tubuh remaja putri calon pengantin kalau sekarang sih populer dengan nama tato temporer. Daun Pacar Kuku biasa juga disebut daun “INAI” mempunyai nama ilmiah Lawsonia inermis dan nama dagang internasionalnya adalah “Henna”.

Daun pacar kuku (Lawsonia inermis L.) mengandung zat warna lawson yang dapat diekstrak sebagai kristal berwarna kungin jingga, digunakan untuk mewarnai wol dan sutera.

Daun mengandung tanin (± 4,5 %), digunakan untuk obat penghenti diare.
serbuk daun digunakan untuk obat luka. Bunga mengandung minyak atsiri yang berbau seperti trimetil amina, digunakan dalam kosmetika. Biji mengandung minyak (10,5%). Kayu kelabu, keras, digunakan untuk membuat barang-barang kecil dan tusuk gigi.

Bagi masyarakat pedesaan di Indonesia daun Pacar Kuku (inai) sering digunakan sebagai obat penyembuh luka di kulit badan. Penggunaan daun ini biasanya dengan cara dilumatkan langsung ditempelkan di daerah luka dan dibalut dengan kain atau kasa.

Daun pacar kuku berkhasiat untuk mengobati penyakit kulit, infeksi kuku dan herpes, bila diseduh dengan teh bisa mencegah kegemukan, bunganya bisa dipakai sebagai obat antirematik.

Pacar Kuku untuk mengobati bengkak
Caranya: Daun inai atau pacar kuku ditumpuk sampai halus, campur dengan sedikit tawas
Lalu tempelkan ramuan tadi pada bagian yang sakit, maka bengkak akan segera hilang.

Pacar Kuku untuk mengobati kudis dan bisul
caranya: ambil daun pacar Kuku secukupnya, cuci bersih kemudian tumbuk sampai lumat, tempelkan pada bagian tubuh yang sakit.

Manfaat Pacar Kuku Untuk Kecantikan Kuku dan Rambut
Pacar kuku di Indonesia juga paling dikenal sebagai pemerah kuku tradisional dengan cara menumbuk daun dengan kapur atau gambir untuk mewarnai merah kuku. Tidak hanya itu, dalam bentuk kering, apabila daunnya ditumbuk dengan air, maka dapat digunakan untuk mewarnai rambut.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 00:20:00

0 komentar:

Loading...
Powered by Blogger.