Waduh! Pasang Iklan Yllix.com Kok Dianggap Malware Sama Google?

Posted by

Apakah Iklan Pada Yllix.com memang Berbahaya?

Pengalaman ngeblog yang tidak nyaman ini terjadi setelah beberapa hari memasang iklan yllix.com pada web saya yang memiliki pv sekitar 18.000-20.000 pv perhari. Dengan pv yang lumayan tinggi tersebut perolehan dari iklan yllix bisa lumayan cepat juga.



Tetapi beberapa hari kemudian, pv situs langsung terjun bebas menjadi dibawah 1.000 pv perhari. Waduh! ada apa ini? Saya sempat juga bingung khawatir juga situs ini masuk sandbox google karena melanggar ketentuan webmaster dari google. Ketika dicoba searching di mesin telusur, benar saja semua url posting/artikel yang biasanya berkeliaran dihalaman pertama google search tiba-tiba sudah hilang semua. Bahkan yang paling parah saat mengetikkan alamat situs tersebut tidak muncul sama sekali di mesin pencari.

Setelah hampir putus asa, muncul pemberitahuan dari google search console team bahwa situs tersebut terkena webspam manual karena ada url posting yang menyalahi aturan webmaster.

Saran dari team google search console adalah harus memperbaiki url yang terindikasi menyalahi aturan google. Adapun kesalahannya adalah ada upaya pengalihan tersembunyi seluler dari situs saat ada pengguna yang membuka situs lewat seluler. Pengguna akan diarahkan menuju aplikasi lain yang oleh google dianggap berbahaya dan akhirnya dilakukan blokir manual. Dan ini terjadi setelah saya pasang iklan dari web yllix.com, apakah memang yllix ini berbahaya? Saya juga kurang tahu tetapi resiko yang saya dapatkan adalah pengunjung blog saya terjun bebas.

Sampai saat tulisan ini dibuat, situs blog saya masih belum normal dengan pv dibawah 1.000. Meski telah meminta peninjauan ulang ke google search console dan iklan-iklan yang mungkin menjadi penyebab pengalihan tersembunyi sudah saya hapus ternyata harus menunggu dulu hingga beberapa minggu sampai team google meninjau kembali situs tersebut dan mencabut blokir manual atau webspam manual yang mereka terapkan pada web.

Pelajaran pentingnya adalah jangan sembarangan memasang iklan pada situs atau blog kita apalagi yang sudah ramai pengunjungnya karena resikonya terlalu besar, pengunjung blog bisa terjun bebas alias menghilang entah kemana karena situs kita diblok oleh google. Selalu teliti dan hati-hati saat akan memasang iklan apapun diblog kita, cari informasi dulu terutama faktor keamanannya agar tidak dicap malware oleh google.

Satu pertanyaan yang tersisa dan membuat penasaran adalah: apakah iklan dari yllix.com memang berbahaya? Silahkan yang bisa menjawab atau punya pengalaman lain tentang iklan Yllix.com bisa memberi  masukan di kolom komentar. Terima kasih.

Loading...
loading...
loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Social Media Widget SM Widgets




Sakadoci Updated at: 23:51:00

2 komentar:

Musanna Hatta said...

ane juga kenak...apa tidak ada solusi mas

Fitry said...

Solusinya ya itu gan lepaskan iklan dari blog terus minta peninjauan ulang dari google utk mencabut blokir manualnya
Dan susahnya harus menunggu sampai beberapa minggu baru bisa dicek.sama team google.

Loading...
Powered by Blogger.